Menhub Budi Beberkan 3 Wilayah Kritis Saat Nataru, Dimana Saja?

Pemberlakuan one way jalan tol Cipali hingga GT Kalikangkung
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyebut ada tiga wilayah kritis jadi perhatian saat libur hari raya Natal dan tahun baru.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Kita tahu akan ada 107 juta yang mudik, dan kebanyakan menuju tempat wisata dari beberapa tempat-tempat yang kritis," ucapnya, Kamis 21 Desember 2023.

Tiga wilayah itu adalah jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Lalu pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni juga diprediksi padat. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Satu memang Cipali, secara khusus ada perjumpaan dengan Cisumdawu. Yang kedua di Ketapang Gilimanuk dan yang ketiga pelabuhan ditempat Merak dan Bakauheni," kata dia. 

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Untuk itu, Budi mengaku bakal koordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri dan stakeholder guna melakukan rekayasa lalu lintas.  

"Di situ ada traffic yang kami harapkan nanti bersama-sama Korlantas dan juga Dishub memperhatikan perjumpaan dan di situ akan dilakukan suatu upaya rekayasa lalu lintas," kata dia.

Lebih lanjut dirinya mengaku bakal mengecek ketersediaan bus bagi para pemudik. Budi minta masyarakat tak pakai sepeda motor saat mudik guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

"Berkaitan dengan destinasi wisata, kita harus mempersiapkan bus-bus dengan baik akan kita cek dan sebagainya dan yang tidak kalah pentingnya adalah dari Dishub banyak sekali yang menggunakan motor. Sekali lagi dengan segala kerendahan hati saya harapkan saran kita tidak melakukan mudik dengan motor karena bahaya dan kita mengadakan mudik gratis," ujar dia lagi.

Ilustrasi Polisi lalu lintas (polantas)

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya diberitakan, ribuan personel gabungan dari TNI-Polri, serta stakeholder terkait dikerahkan dalam Operasi Lilin 2023 dalam rangka pengamanan perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2024. Operasi dimulai selama 12 hari terhitung mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

“Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya, yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” ucap Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto kepada wartawan, Kamis 21 Desember 2023.

Kata dia, perayaan Natal dan tahun baru kali ini bertepatan dengan masa kampanye, sehingga ada potensi kerawanan yang lebih tinggi. Untuk itu, ia mengingatkan perlu antisipasi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang berpotensi akan terjadi saat perayaan Nataru 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya