Profil F.X Yapan, Bupati Kutai Barat yang Ajudannya Aniaya Sopir Truk Hingga Lemas

Tega, Ajudan Bupati Kutai Barat Aniaya Sopir Truk hingga Lemas Susah Berdiri
Sumber :
  • Twitter: @REP0RT_ID

Kutai Barat – Media sosial sempat dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan seorang ajudan Bupati Kutai Barat (Kubar) menganiaya sopir hingga lemas tak berdaya. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 20 Desember 2023 di Jembatan Kinong, Kubar, Kalimantan Timur.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Selain ajudan yang diketahui bernama Daniel (31) juga tampak Bupati Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan atau yang akrab disapa F.X Yapan menyaksikan penganiayaan tersebut. Nah, berikut profil F.X Yapan, Bupati Kubar yang menyaksikan penganiayaan sopir perusahaan sawit.

Profil F.X Yapan

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Tega, Ajudan Bupati Kutai Barat Aniaya Sopir Truk hingga Lemas Susah Berdiri

Photo :
  • Twitter: @REP0RT_ID

F.X Yapan adalah seorang Bupati Kutai Barat yang memang lahir di tanah kabupaten yang dia pimpin saat ini. Ia diketahui lahir di salah satu kampung yang berada di Kecamatan Damai, Kutai Barat pada 18 Juli 1958 sehingga usianya saat ini mencapai 65 tahun.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Ia diketahui memiliki enam orang anak, buah cintanya dengan sang istri yang bernama Yayuk Seri Rahayu. F.X Yapan merupakan bupati Kutai Barat untuk dua periode. Periode pertama 2016-2021 dan periode kedua 2021-2026 yang berpasangan dengan H. Edyanto Arkan, S.E.

Pada 20 April 2016, dirinya dilantik sebagai bupati di periode pertama dengan berpasangan dengan H. Edyanto Arkan, S.E. untuk periode 2016-2021. Keduanya berhasil mendapatkan suara terbanyak dan terpilih menjadi bupati dalam Pilkada Kabupaten Kubar pada 2015.

Sedangkan pada periode kedua, Yapan kembali maju sebagai calon bupati yang juga berpasangan dengan calon wakil bupati Edyanto Arkan. Berhasil meraih suara terbanyak pada Pemilu 16 Desember 2020, KPU Kubar menetapkan pasangan ini sebagai bupati dan wabup.

Ketika itu, Banyaknya suara sah pemilih adalah 49.141 suara (61,14 persen), sementara pasangan nomor urut 1 Martinus - Abdul, mendapat 31.332 suara (38,86). Sehingga, F.X Yapan ditetapkan sebagai bupati untuk periode keduanya.

Harta Kekayaan

Tega, Ajudan Bupati Kutai Barat Aniaya Sopir Truk hingga Lemas Susah Berdiri

Photo :
  • Twitter: @REP0RT_ID

Politisi yang merupakan kader PDIP tersebut memiliki harta kekayaan mencapai Rp4.859.499.373. Aset kekayaan tersebut didominasi aset tanah di 25 lokasi. Bahkan, aset tanah yang dimiliki F.X Yapan mencapai Rp4.7 miliar.

Sementara itu, untuk aset kendaraan yang tercatat di LHKPN milik Bupati Kubar, F.X Yapan ini senilai Rp2.500.000, terdiri dari 2 sepeda motor. F.X Yapan juga diketahui mempunyai harta bergerak lainnya, Rp29.400.000. Lalu kas dan setara kas Rp58.099.373.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya