Terpopuler: Anies Diadukan ke Bareskrim, Gibran soal Istilah SGIE hingga Skandal Video Vulgar

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin menyapa warga Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • Dok A Muhaimin Iskandar

Jakarta – Laporan terhadap calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan ke Bareskrim Polri menjadi berita terpopuler VIVA.co.id kanal news. Anies dilaporkan atas dugaan penistaan agama karena penggunaan akronim ‘amin’.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Selain itu, berita soal debat calon wakil presiden (cawapres) yang digelar pada Jumat kemarin, 22 Desember masih menjadi perhatian masyarakat. Salah satunya aksi cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka yang memakai istilah asing saat memberikan pertanyaan ke cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

Pemberitaan lainnya perihal klarifikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran perihal video beredar di media sosial yang menarasikan capres Prabowo Subianto menarik kasar jas dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Semua berita terpopuler di atas sepanjang hari Sabtu, 23 Desember 2023 bisa anda baca kembali dalam round up di bawah ini:​

​1. Anies Diadukan ke Bareskrim Atas Dugaan Penistaan Agama karena Pakai Akronim Amin

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin menyapa warga Depok, Jawa Barat

Photo :
  • Dok A Muhaimin Iskandar

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan diadukan ke Badan Reserse Kriminal Polri atas dugaan penistaan agama lantaran pakai akronim Amin dalam kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pengaduan masyarakat (dumas) dibuat kelompok bernama Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia. Koordinator Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia, Umar Segala, merasa pemakaian akronim itu termasuk dalam penistaan agama. Adapun akronim Amin dipakai Anies bersama pasangannya, Muhaimin Iskandar.

"Jelas bahwa dijelaskan dalam hadits-hadits bahwasanya penggunaan kata Amin ini adalah penggunaan kata suci, penggunaan harapan kita terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya, Jumat 22 Desember 2023.

Baca selengkapnya di sini

​2. Tiru Jokowi, Gibran Sukses Bikin Cak Imin dan Mahfud Kikuk

Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ada yang menarik dari debat cawapres pada Jumat malam 22 Desember 2023. Ketika Gibran Rakabuming Raka menanyakan hal yang teknis, dan singkatan.

Gibran bertanya ke Mahfud MD, misalnya. Awalnya, putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan kalau Mahfud adalah pakar hukum. "Bagaimana membuat regulasi tentang carbon capture storage?" tanya Gibran, dalam debat kedua, di JCC, Senayan Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Mahfud MD, cawapres nomor urut 3, memang tidak terang-terangan kalau dirinya tidak tahu carbon capture storage itu. Dia menjawab tentang bagaimana membuat regulasi pada umumnya. Seperti ada naskah akademik.

Baca selengkapnya di sini

​3. TKN Buka Suara soal Prabowo Tarik Jaket Bahlil yang Dianggap Emosi

Prabowo terlihat seperti menarik kerah jaket yang dikenakan Bahlil Lahadalia

Photo :
  • Ist

Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto kembali menjadi sorotan di media sosial. Prabowo disorot setelah viralnya video bersama Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia saat debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 malam.

Awalnya, calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka sedang melaksanakan debat di atas panggung dan membahas soal isu tax ratio.

Namun, dalam rekaman video yang beredar, Prabowo nampak bertepuk tangan mendengar pemaparan Gibran. Setelahnya, Prabowo terlihat memanggil Menteri Investasi/BKPM itu, lalu menarik kerah jas yang dipakai Bahlil, kemudian membisikkan sesuatu.

Baca selengkapnya di sini

4. Gunakan Istilah SGIE dan Carbon Capture, Gibran: Tidak Ada Kata Sulit, Itu Biasa di Investasi

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bahwa pertanyaan yang ia ajukan pada rivalnya, seperti carbon capture and storage hingga SGIE (State of the Global Islamic Ekonomy) dalam debat cawapres pada malam tadi, bukan istilah yang sulit.

Di sela-sela blusukannya di pasar, Gibran menyebut istilah yang digunakannya itu adalah terminologi lazim di ranah investasi dan bukan istilah sulit.

"Tidak ada kata-kata sulit, itu istilah biasa dalam investasi ya," kata Gibran pada wartawan, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 Desember 2023.

Baca selengkapnya di sini

​5. Heboh, Skandal Video Vulgar di Beach Club Bali

Foto laki-laki di toilet Beach Club di Bali yang beredar di media Australia

Photo :
  • Tangkapan layar media news.com.au

Baru-baru ini muncul pemberitaan di media Australia yang menyebutkan dua beach club populer di Bali terlibat dalam skandal video vulgar lewat kamera tersembunyi.

Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan, Dinas Pariwisata Provinisi Bali sedang berkoordinasi dengan Polda Bali untuk menelusuri dan memastikan kebenaran dari pemberitaan tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan Polda Bali dan sedang ditelusuri. Sudah beberapa beach club seperti Finns, kami tanya tetapi belum ada pengakuan dari beach club nya," jelas Tjok Bagus Pemayun saat dikonfirmasi usai pembukaan acara Royal Creative Market di Ubud, Bali, Jumat, 22 Desember 2023.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya