Forum Kiai Kampung Nusantara Laporkan Zulkifli Hasan ke Polda DIY

Forum Kiai Kampung Nusantara melaporkan Zulkifli Hasan ke Polda DIY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Yogyakarta – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dilaporkan Forum Kiai Kampung Nusantara terkait candaannya tentang salat ke Polda DIY, Sabtu 23 Desember 2023. Dalam pelaporannya ke Polda DIY ini, Forum Kiai Kampung Nusantara menggandeng LBH Aryawiraraja.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Perwakilan Kiai Kampung Nusantara, Gus Achmad Salim melaporkan Zulkifli karena menganggap ucapan Menteri Perdagangan saat pidato  di Rakernas APPSI merupakan penodaan atau penistaan agama. Tak hanya itu, Gus Salim juga menuding Zulkifli menyebarkan berita bohong alias hoax.

Gus Salim mengungkapkan isi pidato yang dianggap sebagai candaan oleh Zulkifli itu dinilainya telah menyinggung perasaan umat Islam di Indonesia. Gus Salim menilai ibadah shalat merupakan hal yang sakral dan tak pantas dijadikan bahan bercandaan.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Ketum PAN Zulkifli Hasan di markas DPP Golkar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

"Tergores hati ini. Kegiatan salat yang hubungannya person langsung dengan Allah SWT dibuat mainan. Gak boleh. Sakral itu. Makanya kita laporkan ke polisi agar tidak terjadi lagi hal serupa dikemudian hari," tegas Gus Salim di Polda DIY.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Sementara itu, Pengacara LBH Aryawiraraja Musthofa menyebut dalam pelaporan ke Polda DIY ini pihaknya menyerahkan beberapa alat bukti. Alat bukti ini diantaranya adalah video pidato Zulkifli dan tangkapan layar video tersebut.

"Kami juga tadi melampirkan bukti tangkapan layar video yang ada di dalamnya, video statement beliau (Zulkifli Hasan) yang buat gaduh seluruh masyarakat Indonesia, terutama umat muslim," ungkap Musthofa.

Musthofa menyebut sebagai umat muslim dirinya dan kawan-kawan lainnya merasa tersinggung dengan candaan Zulkifli tentang shalat. Musthofa menilai ucapan itu tak sepantas dilontarkan oleh Zulkifli yang notabene adalah seorang menteri dan ketua umum partai politik.

"Sangat melukai sangat teriris bahkan kita merasa dihina oleh beliau. Tentu hal-hal yang bersifat sakral seperti ibadah, hal yang bersifat transenden. Hal yang bersifat vertikal atau privat dengan Tuhan itu tidak layak dibuat main-main," tegas Mushtofa. 

Mushtofa menambahkan pihaknya sudah menahan diri selama 3x24 jam untuk menunggu Zulkifli meminta maaf atas pidatonya itu ke publik. Hanya saja hingga saat ini Zulkifli tak kunjung menyampaikan permintaan maafnya ke publik.

"Sampai hari ini beliau tidak ada hal signifikan meminta maaf. Sehingga dengan sangat terpakssa selaku warga negara yang baik biar tidak jadi main hakim sendiri kami serahkan ke Polda DIY," ungkap Mushtofa.

Mushtofa menambahkan pihaknya melaporkan Zulkifli dengan dugaan penistaan agama sebagaimana disebutkan dalam Pasal 156 a KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun.

Selain itu Zulkifli dilaporkan dengan dugaan penyebaran berita bohong, sebagaimana Pasal 10 tahun jo alternatif UU IITE Nomor 19 tahun 2016 pasal 28 ayat 1, pasal 28 ayat 2, jo pasal 45.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya