4.041 Personel Gabungan Amankan Gereja dan Tempat Wisata saat Nataru di Jakarta

Apel Gelar Pasukan Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Polda Metro Jaya bakal menggelar Operasi Lilin Jaya 2023 guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Nantinya bakal ada ribuan personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan dua event besar tersebut dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

"Personel yang kami siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah, TNI dan Polri," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Operasi Lilin Jaya 2023 sendiri akan dilakukan selama 12 hari yakni mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.

Photo :
  • Viva.co.id/ Foe Peace Simbolon

Irjen Karyoto juga menyoroti sejumlah objek pengamanan yang akan menjadi fokus pihaknya.

140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

Pertama, kata dia, pihak kepolisian akan mengamankan sejumlah gereja-gereja di wilayah Jakarta yang akan menggelar ibadah atau misa perayaan Natal.

"Itu yang menjadi salah satu concern kami tadi bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, kami sudah akan besok para Kasatker, Kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mengamankan seluruh tempat wisata di Jakarta selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Kemudian, ribuan personel itu juga akan dikerahkan untuk mengamankan dan membantu kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru.

"Kami juga antisipasi kalau liburnya agak panjang nanti ini jadi mudik yang berpotensi lebih banyak lagi karena masih ada 4-5 hari untuk pulang kampung dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur, baik jalan tol dan jalan arteri," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya