Tiru Jokowi, Gibran Sukses Bikin Cak Imin dan Mahfud Kikuk

Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ada yang menarik dari debat cawapres pada Jumat malam 22 Desember 2023. Ketika Gibran Rakabuming Raka menanyakan hal yang teknis, dan singkatan.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Gibran bertanya ke Mahfud MD, misalnya. Awalnya, putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan kalau Mahfud adalah pakar hukum.

"Bagaimana membuat regulasi tentang carbon capture storage?" tanya Gibran, dalam debat kedua, di JCC, Senayan Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Zulhas Boyong 38 DPW PAN Foto Bareng Jokowi di Istana

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mahfud MD, cawapres nomor urut 3, memang tidak terang-terangan kalau dirinya tidak tahu carbon capture storage itu. Dia menjawab tentang bagaimana membuat regulasi pada umumnya. Seperti ada naskah akademik.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Tetapi Gibran menyebut kalau pertanyaannya belum dijawab dengan tepat oleh Mahfud MD.

"Pertanyaan saya belum dijawab: apa regulasi carbon capture storage?".

"Mohon dijawab sesuai pertanyaan yang saya tanyakan, tidak perlu nyambung ke mana-mana.”

Gibran juga bertanya ke cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Pertanyaan dengan singkatan, dilontarkan Gibran. 

Awalnya, dia menyebut karena Cak Imin adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, yang ditanyakan adalah bagaimana cara dia untuk meningkatkan peringkat Indonesia di SGIE.

Ketika giliran Cak Imin mau menjawab, justru dia bingung. Dengan jujur, dia tidak memahami istilah SGIE tersebut.

"SGIE saya tidak paham SGIE. Terus terang, saya tidak pernah mendengar SGIE," kata Cak Imin.

Akhirnya Gibran memberi penjelasan kalau yang dimaksud SGIE adalah State of the Global Islamic Economy. Dimana saat ini mengembangkan ekonomi syariah. Salah satunya adalah halal food yang sudah masuk diposisi 10 besar.

"Nah itu yang saya maksud Gus. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus,” ujarnya.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, juga menyoroti pertanyaan singkatan yang dilontarkan oleh Gibran tersebut. Dia juga mengatakan, hal serupa pernah dilontarkan oleh Jokowi kala melawan Prabowo di pilpres.

"Pertanyana itu masih cukup efektif untuk menghantam lawan," katanya.

Jokowi Pernah Tanya Singkatan ke Prabowo

Model pertanyaan yang dilontarkan Gibran dengan menggunakan istilah atau kependekan, sempat juga dilakukan oleh Joko Widodo. Ketika Pilpres 2014, Jokowi pernah bertanya dengan model seperti itu.

Ketika itu, Jokowi menghadapi Prabowo Subianto sebagai capres. Yang ditanyakan Jokowi ke Prabowo dalam debat itu adalah bagaimana cara meningkatkan peran rakyat peran TPID.

Pertanyaan itu membuat Prabowo kembali bertanya, apa yang dimaksud dengan TPID tersebut. "Apa singkatan TPID Pak Jokowi?" tanya Prabowo saat itu.

Jokowi kemudian menjelaskan kalau TPID adalah Tim Pengendali Inflasi Daerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya