Puncak Arus Mudik Nataru Sabtu, Lebih 45 Ribu Kendaraan Lewat Jalur Pantura Indramayu

Ilustrasi kemacetan di jalur Pantura.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Indramayu - Arus kendaraan di jalur Pantura, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami peningkatan volume kendaraan, Sabtu semalam, 23 Desember 2023. Diperkirakan, puncak arus mudik terjadi kemarin.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Dari data Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Losarang, Indramayu, volume kendaraan meningkat sebanyak 2 ribu hingga 5ribu kendaraan. Hingga Sabtu pukul 21.00 WIB, kendaraan yang melintas di jalur Pantura tercatat sekitar 46 ribu kendaraan.

Menurut Staf UPPKB Losarang, Nadya Fadilah, kenaikan volume kendaraan terjadi sejak Selasa 19 Desember 2023.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

"Untuk arus lalu lintas kita sudah melakukan pemantauan sejak tanggal 19 itu mulai ada peningkatan hingga sekarang," kata Nadya saat ditemui di UPPKB Losarang, Sabtu, 23 Desember 2023.

Kondisi arus kendaraan di jalur Pantura Indramayu, Jabar.

Photo :
  • tvOne-Opi Riharjo
Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Dia menjelaskan sejak lima hari lalu, volume kendaraan yang melintas di jalur pantura meningkat signifikan setiap harinya.

"Tanggal 19 itu tercatat sekitar 29 ribu kendaraan, kemudian tanggal 20 dan 21 ada peningkatan di angka 31 ribu kendaraan. Meningkat lagi kemarin pada tanggal 22 sekitar 38 ribu kendaraan," jelas Nadya.

Nadya menyampaikan, puncak arus mudik terjadi pada kemarin lantaran mengingat sejak pukul 00.00 hingga 21.00 WIB tercatat sekitar 46 ribu kendaraan yang melintas di jalur Pantura Indramayu.

"Puncak arus kendaraan diperkirakan hari ini, terhitung dari jam 00.00 sampai saat ini (21.00WIB) tercatat sudah ada 46 ribu kendaraan, kemungkinan akan ada penambahan kendaraan hingga malam nanti, kendaraan didominasi oleh roda dua," katanya.

Pun, dia menjelaskan selain kendaraan pemudik yang menggunakan roda dua, penigkatan volume kendaraan  terjadi pada kendaraan roda empat dan bus. Hal itu karena efek padatnya arus lalu lintas di dalam Tol.

"Kemudian ada roda empat dan bus besar, karena di jalur tol itu ada yang ditutup atau dibatasi jadi mungkin melewati jalur arteri," jelasnya.

Laporan: Opi Riharjo dari Indramayu-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya