Perintah Jokowi kepada Panglima, Kapolri dan Menkominfo Soal BTS di Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasionalan sinyal Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI serta akses internet di desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), untuk meresmikan pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) di Sulawesi Utara pada Kamis, 28 Desember 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menurut Jokowi, pemerintah sudah membangun berbagai infrastruktur konektivitas, di antaranya membangun tol langit agar seluruh lapisan masyarakat memiliki akses yang setara dunia digital, termasuk dalam pembangunan BTS.

“Kita membutuhkan yang namanya konektivitas untuk menjangkau, untuk menghubungkan dari satu pulau ke pulau yang lain, satu provinsi ke provinsi yang lain, satu daerah ke daerah yang lain, dalam rangka untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking di IKN

Photo :
  • Setpres

Memang, kata Jokowi, proyek BTS 4G sempat mengalami masalah kasus tindak pidana korupsi yang menyeret Johnny G Plate selaku mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Saat ini, Jokowi bersyukur BTS 4G sudah diresmikan di Sulawesi Utara meskipun masih ada yang belum.

“Alhamdulillah, puji dan syukur kita sampaikan pada Tuhan Yang Maha Esa, hari ini persoalan lapangannya pembangunannya bisa diselesaikan, meskipun masih ada yang tertinggal 630 yang berada di Tanah Papua. Memang di sana medannya juga sangat sulit, keamanannya juga perlu didampingi,” ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membantu mengamankan proyek BTS di Bumi Cenderawasih. Jokowi juga meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menuntaskan janjinya.

“Saya sudah perintahkan ke Panglima TNI dan Kapolri agar pembangunan bisa segera dimulai dan didampingi dari sisi keamanannya, sehingga semuanya masalah-masalah yang ada bisa kita selesaikan dengan baik. Saya catat Pak Menteri Kominfo, tadi janjinya tahun depan semester 1. Jangan siap-siap lho, saya catat bener lho,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya