Kondisi Kapolda dan Pj Gubernur Papua Usai Jadi Korban Ricuh Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe

Fasilitas umum dirusak massa saat mengarak jenazah Lukas Enembe di Jayapura
Sumber :
  • Aman Hasibuan

Jayapura - Sejumlah anggota TNI dan Polri terluka buntut ricuhnya arak-arakan jenazah eks Gubernur PapuaLukas Enembe.

Alasan Manajer Resto Milik Hotman Paris Bawa Kabur Uang Rp 172 Juta, Kecanduan Judi Online

"Ada anggota kita dari TNI, dari Polri ada yang terluka. Tapi, semua kondisi sudah stabil, sudah dievakuasi, kemudian memang ada ini masih terus didatakan ya mengenai kejadian yang menjadi korban," ujar Kapolres Kota Jayapura, Komisaris Besar Polisi Victor D. Mackbon kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Jenazah Lukas Enembe di Bandara Soekarno Hatta Akan Diterbangkan ke Papua

Photo :
  • VIVA/ Sherly
Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

Sejauh ini disebut tidak ada korban jiwa. Dia membenarkan kalau Penjabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun terluka. Yang bersangkutan sudah mendapatkan pertolongan ke Rumah Sakit.

"Iya betul, kita belum tau ya akibat apa, tapi yang jelas kondisinya ada sedikit luka, kemudian sudah dievakuasi ke Rumah Sakit, kondisinya stabil, alhamdulillah," katanya.

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Lebih lanjut Ridwan terkena lemparan batu sehingga akhirnya terluka dibagian kepala. Dalan kericuhan itu, kendaraan milik Polri juga dibakar.

"Itu terkena lemparan dan juga beberapa aparat kepolisian juga TNI terluka juga. Dan juga ada kerusakan terhadap kendaraan dinas TNI maupun polisi. Satu kendaraan polisi juga dibakar," ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Mathius D Fakhiri juga jadi sasaran massa arak-arakan jasad eks Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang ricuh.

"Iya, kebetulan posisinya beliaunya di dekat situ, gitu," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Mendiang mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

Photo :
  • Antara

Untuk diketahui, arak-arakan jasad eks Gubernur Papua, Lukas Enembe, ricuh. Dalam video yang beredar, beberapa orang berlarian dan berteriak di jalanan.

Terkait hal ini, Polda Papua angkat bicara. Mereka membenarkan adanya kericuhan lantaran adanya provokator saat arak-arakan jenazah tersebut dilakukan. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo.

"Iya benar ada yang memprovokasi sehingga anarkis," ucap dia kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Namun demikian, dirinya tidak mengungkap lebih jauh soal kericuhan tersebut. Berdasar video lainnya, satu unit mobil hangus terbakar saat kericuhan terjadi. Dalam kericuhan itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun disebut jadi korban luka. Dalam foto yang beredar, Ridwan berdarah di sekitar wajahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya