Papua Rusuh Usai Lukas Enembe Meninggal, Mahfud Minta Aparat Tak Terprovokasi

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • tvOne/Veros Afif

Lumajang - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD meminta aparat tak terpancing emosi atas terjadinya kericuhan saat arak-arakan jasad Lukas Enembe di Papua pada Kamis, 28 Desember 2023.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

"Ya saya sudah koordinasi agar aparat keamanan persuasif jangan sampai terlibat emosi. Saya berharap semua harus hati-hati tapi tetap harus menjamin keamanan dan ketertiban, tidak boleh represif," kata Mahfud MD kepada wartawan di Lumajang, Jawa Timur, dikutip Jumat, 29 Desember 2023.

Mobil polisi dibakar massa saat arak-arakan jenazah Lukas Enembe

Photo :
  • Aman Hasibuan (Papua)
Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Mahfud mengaku telah mendengar kabar bahwa ada korban berjatuhan saat arak-arakan jasad Lukas Enembe, termasuk Penjabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun.

Maka itu, Mahfud berharap agar seluruh aparat, baik kepolisian maupun TNI untuk tidak melakukan tindakan represif terhadap masyarakat. 

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

"Itu bukan sesuatu yang mudah, tetapi itulah intinya pemerintahan itu, supaya di Papua mulai di bereskan situasinya oleh aparat-aparat setempat," tuturnya. 

Sebelumnya, Sejumlah anggota TNI dan Polri terluka buntut ricuhnya arak-arakan jenazah eks Gubernur Papua, Lukas Enembe.

"Ada anggota kita dari TNI, dari Polri ada yang terluka. Tapi, semua kondisi sudah stabil, sudah dievakuasi, kemudian memang ada ini masih terus didatakan ya mengenai kejadian yang menjadi korban," ujar Kapolres Kota Jayapura, Komisaris Besar Polisi Victor D. Mackbon kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Sejauh ini disebut tidak ada korban jiwa. Dia membenarkan kalau Penjabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun terluka. Yang bersangkutan sudah mendapatkan pertolongan ke Rumah Sakit.

"Iya betul, kita belum tau ya akibat apa, tapi yang jelas kondisinya ada sedikit luka, kemudian sudah dievakuasi ke Rumah Sakit, kondisinya stabil, alhamdulillah," katanya.

Lebih lanjut Ridwan terkena lemparan batu sehingga akhirnya terluka dibagian kepala. Dalan kericuhan itu, kendaraan milik Polri juga dibakar.

"Itu terkena lemparan dan juga beberapa aparat kepolisian juga TNI terluka juga. Dan juga ada kerusakan terhadap kendaraan dinas TNI maupun polisi. Satu kendaraan polisi juga dibakar," ujarnya lagi.

Warga Papua sambut kedatangan jenazah Lukas Enembe

Photo :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Sementara itu, Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Mathius D Fakhiri juga jadi sasaran massa arak-arakan jasad eks Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang ricuh.

"Iya, kebetulan posisinya beliaunya di dekat situ, gitu," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya