Iring-iringan Duka Lukas Enembe Berubah Jadi Aksi Anarkis di Jayapura, Danrem: Ini Tak Perlu Terjadi

Kerusakan yang dilakukan massa saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe.
Sumber :
  • Aman Hasibuan/VIVA.

Jayapura – Aksi duka iring-iringan jenazah mantan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe ketempat persemayaman, dicoreng oleh aksi sekelompok masyarakat yang melakukan tindakan anarkis di Kota Jayapura pada Kamis kemarin.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Aksi anarkis massa yang menyambut kedatangan jenazah Lukas Enembe dimulai di Sentani Kab. Jayapura dengan melakukan aksi pelemparan batu kepada warga lainnya, aparat dan ruko-ruko sepanjang jalan serta pengrusakan kendaraan dinas TNI dan Polri.

Kericuhan berlanjut hingga massa membakar pertokoan milik Koperasi Korem 172/PWY di persimpangan Jalan Perumnas Waena, Distrik Heram, hingga api menjalar dan menghanguskan beberapa rumah dinas TNI Bucend III Waena. Bahkan bangunan Denkesyah Waena beserta poli kliniknya ikut terbakar. Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, menyesalkan aksi tidak terpuji tersebut. 

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

Fasilitas umum dirusak massa saat mengarak jenazah Lukas Enembe di Jayapura

Photo :
  • Aman Hasibuan

Pihaknya menyebut aksi yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat tersebut telah mencoreng dan merusak hari berbelasungkawa masyarakat Papua atas meninggalnya mantan Gubernur Papua dua periode tersebut.  

Pj Gubernur Kaltim Dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Unissula Semarang

“Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi. Niat kita semua baik yaitu mengantarkan jenazah hingga ke tempat persemayaman dan pemakamannya. Saya yakin pihak keluarga besar Lukas Enembe juga tidak menginginkan terjadinya hal seperti ini. Harusnya kita berduka, malah kita harus membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh kericuhan ini,” ujar Danrem, pada Jumat 29 Desember 2023.

Danrem juga menyayangkan Denkesyah Waena yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan bagi masyarakat Waena ikut terbakar. 

VIVA Militer: Poliklinik Denkesyah Waena ikut dibakar pengantar Lukas Enembe

Photo :
  • Penrem 172/PWY

“Padahal keberadaan poli klinik Denkesyah sebagai faskes pertama pelayanan BPJS di wilayah ini sangat membantu masyarakat. Dengan kejadian ini pelayanan kesehatan terganggu, fasilitas terbakar habis, kita harus membangun dari awal. Begitu juga beberapa rumah prajurit yang ikut terbakar dari imbas api yang menjalar dari ruko yang berada di depan jalan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya