Pasca-Rusuh Proses Pemakaman Lukas Enembe, Kapolda Papua Sebut Situasi Kini Kondusif

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jayapura – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengungkapkan, secara keseluruhan situasi di wilayah hukum Polda Papua dalam keadaan aman dan kondusif. Hal itu disampaikan menyusul kerusuhan saat proses pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Mathius berharap, masyarakat bisa menjaga kenyamanan, keamanan dan ketertiban yang sudah dihadirkan oleh aparat keamanan pasca meninggalnya almarhum saat kedatangan dan membawa kerumah duka yang ada di Koya Koso.

“Kondusifitas ini saya berharap tetap kita jaga kebersamaan, kekeluargaan yang kita bangun di tanah Papua dan tidak boleh tercederai karena hal hal yang tidak seharusnya terjadi,” ujar Mathius dalam keterangannya, Sabtu, 30 Desember 2023.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Kerusakan yang dilakukan massa saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe.

Photo :
  • Aman Hasibuan/VIVA.

Kapolda juga menghimbau untuk tidak mudah percaya dengan mempercayai berita-berita liar yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

“Selaku Kapolda Papua saya berharap dapat selesaikan masalah ini dan masyarakat bisa kembali manjalankan aktiftitas seperti biasa,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa kejadian kemarin berbeda konteksnya dengan kasus rasis yang terjadi pada tahun 2019.

“Jangan masyarakat yang tidak ada kaitannya apalagi disusupi dengan orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat papua ini tidak baik,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya