Kapuspen: Oknum TNI Penganiaya Relawan Ganjar-Mahfud Diperiksa Denpom Surakarta

VIVA Militer: Relawan Ganjar-Mahfud dikeroyok oknum prajurit TNI di Jawa Tengah
Sumber :
  • Video amatir

Jakarta - Relawan paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diduga telah dianiaya oleh oknum TNI. Kejadian itu pun viral di media sosial yang memperlihatkan aksi penganiyaan terhadap pengemudi sepeda motor. 

Habiburokhman: Jangan Ada Pihak yang Memecah Relawan dengan TKN Prabowo-Gibran

Dari video yang diunggah akun X @YRadianto terlihat sejumlah orang tersebut awalnya berada di pinggir jalan. Namun, tak lama kemudian langsung menghampiri pemotor yang tengah melintas.

VIVA Militer: Relawan Ganjar-Mahfud dikeroyok oknum prajurit TNI di Jawa Tengah

Photo :
  • Video amatir
Mahasiswa Tewas Dianiaya Senior, Pengawasan STIP Dievaluasi hingga Kamera CCTV Ditambah

Merespons hal itu, pihak TNI membenarkan adanya peristiwa penganiayaan tersebut. Penganiayaan jelasnya, dilakukan oleh anggota TNI dan tengah dilakukan pemeriksaan di Denpom Surakarta.

"Oknum tersebut saat ini dalam proses pemeriksaan Denpom Surakarta," kata Kapuspen TNI Brigjen Nugraha Gumilar saat dihubungi, Sabtu, 30 Desember 2023. 

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Nugraha tidak merinci lebih detil terkait kronologi peristiwa penganiayaan tersebut. Dia mengatakan, nantinya Kodam IV Dipenogoro akan memberikan penjelasan. "Untuk lebih jelas silakan langsung tanya ke Pendam IV Dipenogoro," terangnya. 

Sementara itu, Kapendam IV Dipenogoro Kolomel Inf Richard Harison saat ini mengaku tengah mengecek peristiwa tersebut. "Ini saya cek dulu ya. Nanti saya update informasinya," ungkapnya.

Adapun dari video itu tertulis jika korban penganiayaan merupakan seorang relawan pasangan calon presiden nomor 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Saat itu, korban baru selesai dari sebuah acara langsung diadang oleh sejumlah orang yang disebut oknum TNI dari Batalyon 408 tepatnya di traffic light Sonolayu, Boyolali, Jawa Tengah.

Dijelaskan jika korban langsung dibawa ke pos penjagaan saat itu. Untuk penyebab penganiayaan tersebut tertulis karena korban mengendarai sepeda motor dengan knalpot yang bersuara keras.

Sebelumnya, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengungkapkan, relawan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menerima kekerasan dari oknum TNI. Akibatnya, sebanyak empat orang mengalami luka berat dan satu meninggal dunia. 

Ilustrasi perkelahian - ilustrasi pengeroyokan - ilustrasi tawuran

Photo :
  • Istimewa

Todung mengatakan, mereka yang menjadi korban ini usai menghadiri acara yang dihadiri oleh Ganjar. Kejadian itu terangnya, terjadi di Yogyakarta dan Boyolali. 

"Yang meninggal dunia ada di Klaten Yogyakarta, dan yang luka-luka itu empat di Boyolali. Mereka yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud dan yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oknum paslon yang lain," ujar Todung di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Desember 2023. 

Tudong mengatakan, untuk empat korban yang mengalami luka-luka ini akibat dianiaya oleh oknum TNI, di pos TNI setempat. Sehingga, pihaknya mendesak kepada Panglima TNI untuk segera mengambil tindakan. 

"Dan empat yang luka-luka konon katanya mendapat luka-luka akibat penganiayan yang dilakukan oleh oknum TNI, yang dilakukan di pos TNI setempat," ujarnya. 

"Dan kalau itu benar, kami ingin minta kepada Panglima TNI untuk mengambil tindakan yang tegas. Dan mempertanggungjawabkan secara hukum mereka yang melakukan tindak kekerasan," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya