Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Membludak saat Arus Balik Libur Tahun Baru 2024

Antrean Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Lampung
Sumber :
  • antv/tvone

Bakauheni – Volume penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mengalami lonjakan pada akhir libur tahun baru 2024. Berdasarkan data ASDP, masih ada sebanyak 72 ribu pemudik asal Pulau Jawa belum kembali hingga hari ini Senin, 1 Januari 2024.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Berdasarkan data ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, sebanyak 28 ribu orang penumpang dan 6.151 kendaraan telah kembali ke Pulau Jawa pada hari ini. Sementara itu, masih sekitar 78 ribu pemudik lainnya belum kembali hingga akhir libur Nataru 2023.

Volume kendaraan yang akan menyebrang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terpantau mengalami lonjakan yang signifikan pada hari ini. Sejak pagi hingga sore ini, antrean kendaraan yang berada di kantong parkir dermaga terus meningkat.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kendaraan Antre Masuk Pelabuhan Bakauheni Lampung

Photo :
  • antv/tvone

Antrean kendaraan penuhi kantong parkir Dermaga Eksekutif, penumpang kendaraan yang hendak menyebrang juga menunggu hingga 2 jam untuk mendapatkan giliran masuk ke dalam kapal.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Lonjakan ini juga terjadi pada penumpang pejalan kaki di dermaga eksekutif, ratusan penumpang tengah menunggu kapal sandar di ruang tunggu Dermaga Eksekutif.

Pihak kepolisian juga mengimbau para pemudik yang akan kembali ke Jawa untuk membeli tiket dengan memilih jam keberangkatan yang jumlah pembelian rendah. Hal ini disarankan guna menghindari kemacetan di pelabuhan pada puncak arus balik.

"Bagi masyarakat yang akan membeli tiket dengan sesuai pada radius yang diberlakukan oleh ASDP, agar mengecek kuota yang tersedia. Apabila jam yang ingin dipesan kuotanya sudah penuh, berarti lagi macet-macetnya. Maka masyarakat bisa memesan tiket di jam berikutnya," kata Kepala KSKP Bakauheni, AKP Firman Widyaputra.

Laporan: Puji

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya