Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa untuk Rizal Ramli: Ekonom yang Cerdas dan Aktivis yang Kritis

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Istimewa/Biro Pers Istana Kepresidenan

Jakarta – Ekonom dan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, meninggal dunia pada Selasa 2 Januari 2024 di usianya yang ke-69 tahun. Kabar tersebut disampaikan oleh Tri Wibowo Santoso, staf Rizal Ramli, yang mengungkap bahwa Rizal Ramli berpulang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) setelah menjalani perawatan intensif.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Rizal Ramli diketahui didiagnosis menderita kanker pankreas stadium 4, sebuah penyakit yang membuatnya menjalani perjuangan berat sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhirnya. 

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Photo :
  • Istimewa.
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Dalam kondisi tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian Rizal Ramli, yang dikenalnya sebagai ekonom cerdas dan aktivis kritis yang sangat mencintai Indonesia.

“Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin di Jakarta. Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya,” ucapan belasungkawa dari Presiden Jokowi dalam unggahan akun media sosial resminya @jokowi, dikutip pada Rabu, 3 Januari 2023. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers dari Washington DC, AS.

Photo :
  • Setpres

Jokowi juga menambahkan doanya agar almarhum diberikan tempat yang lapang di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan untuk menerima kabar duka tersebut. 

“Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran,” doa yang dihaturkan Jokowi untuk mendiang Rizal. 

Dengan ungkapan belasungkawa ini, Jokowi menyampaikan penghormatan dan mengenang kontribusi besar yang telah diberikan oleh Rizal Ramli bagi bangsa dan negara.

Untuk diketahui, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954 dan wafat pada 2 Januari 2024. Sejak masa kuliah, ia telah dikenal sebagai seorang aktivis yang sangat kritis terhadap kebijakan pemerintah. 

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada periode 2015-2016.

Kabar duka ini disampaikan oleh pihak keluarga Rizal Ramli melalui pesan aplikasi WhatsApp yang telah beredar sebelumnya.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," yang dikutip dari VIVA.

"Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," tulis pesan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya