Gempa Bumi Magnitudo 7.0 Guncang Karatung hingga Talaud

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta – Gempa bumi dengan magnitudo mencapai 7.0 mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Juga dirasakan hingga di Kepulauan Sangihe. Dalam informasi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, Selasa 9 Januari 2024, gempa terjadi pada pukul 03.48 WIB.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

“#Gempa (UPDATE) Mag:7.0, 09-Jan-24 03:48:45 WIB, Lok:4.92 LU, 126.33 BT (Pusat gempa berada di laut 85 km Barat Laut Pulau Karatung), Kedlmn:56 Km Dirasakan (MMI) IV Kepulauan Sangihe, IV Kepulauan Talaud, III Bitung, II-III Halmahera Utara, II Manado #BMKG,” tulis BMKG dalam akun X, dikutip VIVA.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Gempa berkedalaman 56 km. Berlokasi di 92 lintang utara, 126,33 bujur timur. BMKG juga mencatat, bahwa pusat gempa berada di laut 85 km barat laut Pulau Karatung.

Adapun gempa tersebut dirasakan (MMI) IV Kepulauan Sangihe, IV Kepulauan Talaud, III Bitung, II-III Halmahera Utara, II Manado. Belum ada laporan terbaru pasca gempa tersebut.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi
Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024