Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

Surabaya – Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata Bromo itu, menyebar luas di media sosial dan bikin heboh pegiat media sosial.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Berdasarkan video yang dilihat VIVA pada Rabu, 10 Januari 2024, air dengan arus deras terlihat menggenangi lokasi yang mencekung di kawasan lautan pasir Bromo. Bahkan, seperti dalam video yang diunggah akun Instagram @kabarindo, pengendara sepeda terlihat kesulitan menyeberang karena motornya terseret arus banjir.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Hendra mengatakan bahwa banjir di kawasan Gunung Bromo memang kerap terjadi, terutama ketika hujan dengan intensitas tinggi terjadi.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Terutama di areal tertentu," katanya kepada wartawan.

Dia menjelaskan, banjir yang terjadi kemarin melanda beberapa kawasan. Namun, banjir cepat surut karena lekas terserap ke dalam pasir. "Biasanya banjir di laut pasir tidak memakan waktu lama, langsung menyerap ke dalam pasir,” ucap Hendra.

Dia mengatakan, banjir tersebut tak menyebabkan gangguan berarti. Sebab, kawasan Gunung Bromo juga tengah ditutup karena peringatan Kapitu, yaitu bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger. Saat Kapitu, kawasan Bromo harus steril dar kendaraan dan kunjungan wisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya