Asrama Pesantren Banjir Besar, Puluhan Santri di Kota Jambi Diliburkan

Banjir melanda Pesantren Nurul Iman di Kota Jambi
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi – Puluhan santri Pesantren Nurul Iman, Kelurahan Ulu Gedong, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi dipulangkan ke rumah usai asrama mereka kena banjir besar.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Diketahui, banjir melanda di danau teluk sudah dua minggu akibat luapan sungai Batanghari, Jambi. Luapan itu menggenangi pekarangan rumah hingga menggenangi dalam rumah. Jumlah rumah yang terkena banjir semakin bertambah namun pihak pemerintah Provinsi Jambi dan Kota Jambi belum merespons dengan cepat.

Muzafar, Bendahara pesantren Nurul Iman, Kecamatan Danau Teluk saat dikonfirmasi mengatakan banjir melanda asrama perempuan Pesantren Nurul iman sudah dua minggu sehingga ia dan pihak yayasan pesantren mengambil keputusan agar santri diliburkan namun tetap belajar di rumah.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Banjir Melanda Pesantren Nurul Iman di Kota Jambi

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

"Total santri diliburkan mencapai 70 orang namun tetap belajar dari rumah," jelasnya Selasa, 16 Januari 2024.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Muzafar mengatakan, liburnya santri merupakan keputusan Yayasan Ponpes Nurul Iman dan dari pantauan VIVA di lapangan, tampak di sekitaran asrama terkena banjir dan cukup dalam dan ia melihat debit air terus menerus naik.

"Sebagian santri ada yang masuk dan sebagian diliburkan hingga ada keputusan dari yayasan baru," ujarnya.

Tidak sampai di situ, binatang berbisa juga ditakuti oleh santri ketika air banjir besar, seperti kelabang, ular dan buaya sungai dan Muzafar mendoakan selalu agar banjir di Jambi segera pulih.

"Pihak dinas Kesehatan Kota Jambi sampai saat ini belum ada datang untuk mantau kesehatan warga dan apalagi ditambah nyamuk banyak sekali," tegasnya.

Terpisah Camat Danau Teluk, Mukhatab mengatakan banjir di Danau Teluk sudah ribuan rumah terdampak dan sudah belasan rumah warga digenangi banjir sedangkan luapan sungai Batanghari terus menerus naik ke permukaan pekarangan warga yang tingginya mencapai tiga meter lebih.

"Kita melihat genangan banjir di bawah rumah warga sedikit lagi masuk ke dalam rumah warga dan banjir terus menerus naik dan pihak Kecamatan Danau Teluk terus siaga mulai dari pagi sampai malam hari," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya