Cek Fakta: Ponpes Tajul Alawiyyin Diserang OTK, Habib Bahar Ngamuk Angkat Pedang

Momen Habib Bahar ngamuk saat Ponpesnya diduga diserang orang tak dikenal
Sumber :
  • Istimewa

Bogor – Beredar di media sosial video singkat menampilkan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith sedang mengangkat pedang bermata 2 pada malam hari.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Melalui video yang dibagikan akun X @mozza_21 pada Jumat, 12 Januari 2024, dinarasikan hal tersebut dilakukan Bahar lantaran pondok pesantrennya mendapat serangan dari orang tak dikenal (OTK).

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

“Tadi malam ada penyerangan kepada HBS dari orang yg tak di kenal,” tulis narasi unggahan dikutip Rabu, 17 Januari 2024.

Dalam video berdurasi 28 detik tersebut, Habib Bahar bersama para santrinya sedang bersiaga di halaman depan Ponpes Tajul Alawiyyin yang berlokasi di Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Terlihat Bahar mengangkat pedang sambil bertakbir, yang diikuti sejumlah santrinya.

Pengacara Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan bahwa kejadian viral itu benar terjadi di Ponpes Tajul Alawiyyin pada Jumat, 12 Januari 2024 lalu.

Menurutnya, kini persoalan tersebut sudah diselesaikan secara damai. Ichwan menyampaikan kejadian itu timbul karena kesalahpahaman.

"Itu hanya salah paham saja, sudah diselesaikan secara kekeluargaan. (Kejadian) hari Jumat pekan lalu," ujar Ichwan, dikutip dari VIVA Nasional.

Kendati demikian, Ichwan tidak merinci kesalah pahaman apa yang sampai menyulut emosi Bahar hingga mengangkat pedang.

Dirinya juga tidak mau membeberkan kronologis kejadian. Dia pun tak mau mengungkap dari mana senjata tajam atau sajam yang dipegang Bahar dan para santri itu.
"Info awal preman (mau menyerang). Permasalahan sudah selesai," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya