Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Karaoke di Tegal yang Tewaskan 6 Pemandu Lagu

Petugas evakuasi korban kebakaran karaoke di Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • Dok Polda Jateng

Tegal -- Penyebab kebakaran maut di tempat karaoke New Orange di Kota Tegal Jawa Tengah, terkuak. Penyebabnya karena hubungan arus pendek listrik yang berada di ruang musala gedung itu.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Penyebab kebakaran akibat hubungan arus pendek," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu, Rabu, 17 Januari 2024.

Dia menyebutkan, awalnya api muncul dari ruang musala yang berada di lantai tiga. Kemudian, kata dia, api mulai merambat ke benda-benda yang mudah terbakar. Enam orang tewas dalam kejadian ini. Semuanya pemandu lagu.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran karaoke di Jalan Veteran Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal

Photo :
  • Dok Polda Jateng

"Tersulutnya bahan mudah terbakar yakni plastik, kayu, karpet, dan busa akibat hubungan arus pendek listrik dan sambungan motor exhaust fan dengan kabel instalasi listrik utama api semula kecil menjadi besar sehingga terjadilah kebakaran," katanya.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di tempat karaoke New Orange di Kota Tegal Jawa Tengah. Peristiwa terjadi pada Senin, 15 Januari 2024, pukul 8 pagi. Sebanyak 9 orang menjadi korban, 6 diantaranya meninggal, sedangkan 3 orang dirawat di rumah sakit.

Sebagian besar korban meninggal berasal dari Jawa Barat seperti Cirebon, Purwakarta, dan Padalarang. Selain itu juga ada dari Tegal dan Pemalang Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Satake Bayu saat dihubungi VIVA menginformasikan, saat ini tim dari labfor Polda Jawa Tengah sudah diturunkan ke lokasi.

"Tim labfor Polda Jawa Tengah sudah diturunkan untuk memastikan penyebab kebakarannya," kata Satake.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya