Luhut Ulti Tom Lembong: Selama di BKPM Anda Ngapain Aja Coba?

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Jakarta – Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengkritik habis-habisan Thomas Lembong alias Tom Lembong yang mengungkit telah memberikan contekan selama 7 tahun kepada Presiden Jokowi saat disentil oleh Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres akhir pekan lalu. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Anda jangan geer juga bilang kasih note kepada ayahnya Mas Gibran, emang hanya Tom Lembong aja, yang paling banyak kasih note ke presiden itu adalah Menlu Ibu Retno. Karena setiap bilateral ya beliau mengasihkan itu," kata Luhut dalam akun Instagramnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menegaskan bahwa hal itu bukan terjadi kepada Presiden Jokowi saja, melainkan semua kepala negara. Luhut menegaskan bahwa selalu ada pihak yang memberikan catatan kepada kepala negara agar tidak salah menyampaikan pendapat. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan bahwa hal tersebut bukan berarti Tom Lembong hebat, melainkan karena dia sudah diberikan tugas sebagai pembantu presiden. Ia kemudian mengimbau kepada Tom Lembong untuk merefleksikan diri. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Apakah karena hebat melakukan? tidak. Itu tugas Anda sebagai pembantu presiden, menteri perdagangan waktu itu sebagai kepala BKPM, tapi anda harus refleksi juga apa sih yang sudah Anda lakukan sebagai Mendag, coba tanya dirimu," ucapnya.

"Waktu BPKM apa yang Anda lakukan coba, Anda kan ditugaskan untuk Online Single Submission (OSS), saya ingat betul itu bagaimana Anda curhat ke saya. Tapi sampai anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai sekarang, OSS yang sudah digadang-gadang bakal selesai," lanjutnya.

Mertua dari KSAD Maruli Simanjuntak itu meminta supaya Tom Lembong tidak lagi mengungkit masalah yang sudah selesai. Luhut menyebut bahwa semua yang dikerjakan bukan hasil Tom Lembong sendiri, tapi berkat kerja sama kelompok pembantu presiden. 

Thomas Lembong atau Tom Lembong

Photo :
  • Singapore Summit

"Saya ingin sampaikan kita sudah lah, kalau sudah selesai masa kita, sudah semua ada waktunya, tidak perlu kita ceritakan kita yang paling bagus karena kita, tidak, semua itu hasil kerja tim work," ujarnya.

Seperti diketahui, usai debat cawapres kedua yang dilaksanakan Minggu, 21 Januari 2024 lalu, Tom Lembong langsung memberikan respons karena namanya banyak dicatut Gibran Rakabuming. Ia mengatakan sudah tujuh tahun memberikan masukan kepada presiden. 

"Saya sangat mengapresiasi ucapan mas Gibran yang berkali kali menyebut nama saya. ya tentunya selama 7 tahun saya membuat contekan dan menulis pidato, dan materi bicara bagi ayahnya, Pak Presiden," kata Tom Lembong dalam tayangan YouTube. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya