Relief Sukarno Gendong Bayi Dipindah ke Main Lobi Bali Beach

Relief Presiden RI pertama Sukarno sedang menggendong bayi dan di kelilingi rakyat Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali – Selama ini, Bali Beach yang sekarang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan menyimpan relief bersejarah. Pahatan dinding itu bergambar Presiden RI pertama Sukarno sedang menggendong bayi dan di kelilingi rakyat Indonesia.

Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

"Waktu itu saya datang ke sini tapi ini terbengkalai," kata Menteri BUMN Erick Thohir saat Peresmian Bali Beach Convention dan Groundbreaking Alster Lake Clinic di Denpasar, Selasa, 30 Januari 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian Bali Beach Convention dan Groundbreaking Alster Lake Clinic di KEK Kesehatan Sanur

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Erick mengatakan, tempat relief Sukarno itu dulunya taman namun tak terawat sehingga menutup relief itu. Dirinya meminta relief itu dipindahkan ke tempat yang lebih baik.

Menurut Erick, kalau Indonesia ingin jadi bangsa yang besar maka sejarah harus dijaga.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

"Akhirnya kita pilih di main lobi agar reliefnya lebih terawat," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Erick Thohir mengaku banyak mahakarya lukisan di Bali tak terawat dan terbengkalai. Dalam hal ini, pemerintah berniat mengambil alih museum Le Mayeur di Jalan Hang Tuah, Sanur untuk dikelola.

"Kita rawat, dengan kontrak 20 tahun kita jadikan ekosistem dan kita jaga menjadi destinasi wisata, jangan sampai itu punah," kata Erick.

"Peninggalan kebudayaaan banyak yang rusak. Nah, gimana kita mau meningkatkan pariwisata tapi budaya kita punah," tambahnya.

Sementara, KEK Sanur terdiri dari Convention Center seluas 3.750 meter persegi. Sedangkan Alster Lake Clinic merupakan inovasi baru di bidang teknologi kesehatan.

Di sisi lain, KEK Kesehatan Sanur akan membawa teknologi kesehatan dan kebugaran terbaik di Indonesia, serta menyerap sekitar 43 ribu tenaga kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya