Terpopuler: HP Jubir Ganjar-Mahfud Disita, Gaji PNS Naik hingga Gerindra Tertinggi

Aiman Witjaksono Pemeriksaan di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak blak-blakan mengenai alasan menyita handphone (HP) juru bicara (jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono. Diketahui bahwa Aiman saat ini tengah terseret kasus dugaan hoax lantaran menyebut aparat tak netral dalam Pemilu 2024.

Muncul Banyak Versi Formasi Kabinet Prabowo, Gerindra: Semua Itu Mungkin Aspirasi

Berita di atas menjadi terpopuler VIVA.co.id kanal news. Kemudian berita terpopuler lainnya soal respons Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terkait makan bakso Presiden Jokowi dengan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Selanjutnya ada berita gembira buat PNS hingga PPPK yang mengalami kenaikan gaji tahun 2024. Kenaikan yang dimulai pada Januari ini sebesar 8 persen.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Berita terpopuler lainnya soal pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang bilang bahwa Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh memilih tenggelam bersama perahunya Anies Baswedan dibanding berada di koalisi pemerintahan Jokowi.

Terakhir ada berita hasil survei elektabilitas partai jelang Pemilu 2024. Survei Data Riset Analitika menyebut Partai Gerindra berada di puncak elektabilitas 20,6 persen menggeser PDIP yang berjaya di Pemilu 2014 dan 2019.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Lima berita terpopuler di atas bisa anda baca kembali jika terlewat dan sudah terangkum dalam round up di bawah ini:

​1. Kombes Ade Safri Blak-blakan soal Penyitaan HP Jubir Ganjar-Mahfud Aiman Witjaksono

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Polisi blak-blakan soal penyitaan telepon genggam punya Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono saat pemeriksaannya dalam kasus aparat tak netral yang sudah naik ke penyidikan.

Polisi menegaskan apa yang dilakukan tersebut telah sesuai aturan. Hal tersebut diungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

"Apa itu penyitaan sudah saya jelaskan. Dan penyitaan yang dilakukan penyidik sudah dilandasi oleh regulasi yang berlaku," ujarnya, Selasa 30 Januari 2024.

Baca selengkapnya di sini

2. Jokowi Makan Bakso dengan Prabowo, Bawaslu Bilang Begini

Jokowi dan Prabowo Makan Bakso Bareng

Photo :
  • Istimewa

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja merespons kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Diketahui, dalam Pasal 282 UU Pemilu melarang pejabat negara, pejabat struktural, dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri, serta kepala desa membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye.

Menurut Bagja, pihaknya sulit mengawasi ataupun menindak pejabat negara yang diduga menguntungkan salah satu peserta pemilu melalui simbol atau persepsi.

"Dalam hukum itu agak susah, simbol-simbol itu (diawasi)," kata Bagja kepada wartawan di Jakarta, Senin, 29 Januari 2024.

Baca selengkapnya di sini

​3. Sah! Jokowi Naikkan Gaji PNS dan PPPK di 2024, Simak Rinciannya

Ilustrasi ASN.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Di mana, di dalamnya terdapat daftar terbaru gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024.

Beleid yang diundangkan dan ditandatangani Jokowi sejak 26 Januari 2024 itu, memuat daftar terbaru untuk kenaikan 8 persen pada gaji ASN dan TNI-Polri, mulai bulan Januari 2024.

Apabila aturan sebelumnya, yakni PP Nomor 15 Tahun 2019 mencantumkan gaji terendah PNS golongan Ia sebesar Rp 1.560.800-Rp 2.335.800, maka PP Nomor 5 Tahun 2024 memutuskan bahwa gaji golongan Ia naik menjadi Rp 1.685.700 - Rp 2.522.600. Kemudian, gaji tertinggi PNS adalah sebesar Rp 6.373.200, yakni untuk golongan IV e.

Baca selengkapnya di sini

​4. Rocky Gerung: Kalkulasi Rasional, Surya Paloh Lebih Baik Tenggelam Bersama Perahunya Anies

Anies Baswedan dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Apel Siaga Perubahan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jelang pencoblosan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, dinamika politik menghangat dalam persaingan tiga kubu kontestan. Salah satu isu yang muncul terkait rencana pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Kabar pertemuan itu terkait kans koalisi antara poros pendukung Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo jika ada dua putaran di Pilpres 2024.

Pengamat politik Rocky Gerung menganalisa isu pertemuan Megawati dengan Paloh bisa tumbuh karena ada desakan dari bawah. Dia menyinggung status Surya Paloh dan Nasdem yang ‘masih’ bagian dari pemerintahan Jokowi.

Baca selengkapnya di sini

​5. Gerindra Tertinggi dan PSI Tembus DPR RI di Pemilu 2024, Hasil Riset Analitika

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berfoto bersama caleg PSI dalam kampanye akbar di GOR Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin, 29 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Anita Permata Dewi

Data Riset Analitika menunjukkan, elektabilitas Partai Gerindra menempati peringkat paling puncak hingga mencapai 20,6 persen menjelang pencoblosan pada Pemilu 2024 ini. Ini berarti menggeser PDIP yang pada Pemilu 2014 dan 2019, sebagai juaranya.

Gerindra adalah partai utama pengusung pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei mereka, meroketnya elektabilitas pasangan dengan nomor urut 2 itu memberikan coattail effect bagi Gerindra, yang pada dua pemilu sebelumnya hanya menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, di jajaran tengah, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi akan tembus ke Parlemen. Dalam survei yang dilakukan, PSI yang dinakhodai putera Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, itu menembus ambang batas parlemen dengan meraih elektabilitas 4,3 persen.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya