GP Ansor Gelar Kongres di Atas Kapal, Pengamat: Simbol Kebangkitan Bangsa Maritim

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut)
Sumber :
  • IST

Jakarta – Pengamat maritim dari IKAL Strategic Centre (ISC), Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang hendak melangsungkan Kongres XVI di atas Kapal Pelni KM Kelud pada Jumat 2 Februari 2024 mendatang.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Menurut Hakeng, pilihan untuk menyelenggarakan kongres di atas kapal laut merupakan simbol nyata dari komitmen GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara sebagai Negeri Bahari. 

"Bersamaan dengan ini tertegaskan pula, kapal laut bukan hanya tempat penyelenggaraan acara, melainkan lambang keberanian yang diwarisi dari leluhur bangsa Indonesia,” ujar Hakeng, dalam keterangannya yang diterima Selasa, 30 Januari 2024

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pengamat Maritim Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa

Photo :
  • Dok. Istimewa

Hakeng mengatakan, kapal laut sebagai tempat kongres menjadi metafora kuat, mencerminkan perjalanan hidup yang penuh tantangan, ditengah terpaan ombak, dan amukan badai. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Sebagaimana leluhur bangsa Indonesia melewati berbagai perjalanan dan ujian, kapal laut mencerminkan semangat untuk terus maju, bahkan di tengah badai kehidupan,” ujar Hakeng.

Ditambahkan olehnya bahwa dengan memilih kapal sebagai tempat kongres, bukan hanya merayakan keberanian dan ketangguhan. "Juga, mengajak seluruh kader dan peserta kongres untuk membangun semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” kata Hakeng

Hakeng menjelaskan, dengan tema yang kuat, peta jalan yang jelas, dan pilihan tempat yang simbolis, GP Ansor membimbing langkahnya menuju masa depan yang penuh makna, menjaga keberagaman, dan memperkokoh kebangsaan Indonesia.

Menurutnya, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) lainnya pun dapat mengambil langkah untuk mengikuti inisiatif demikian. Sehingga, semangat dan kesadaran terkait kebangsaan maritim kita dapat dipercepat secara sah dan konsisten. 

"Melalui partisipasi OKP lainnya dalam mengadopsi inisiatif ini, kita dapat membentuk kolaborasi yang lebih erat antar-organisasi pemuda,” ujarnya.

Bersamaan pula kerjasama yang terbangun dapat menjadi fondasi kuat untuk memperkuat solidaritas di antara OKP-OKP. Hal ini menciptakan kesadaran bersama terkait identitas bangsa maritim. 

“Dengan demikian, akselerasi untuk memperkuat jati diri kita sebagai bangsa yang berbasis kelautan akan semakin terwujud. Keberagaman aspirasi dan pandangan dari setiap OKP turut berkontribusi dalam mewujudkan visi bersama tentang kebangsaan maritim,” ujar Hakeng

Kapal Pelni. (ilustrasi)

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Rencananya, Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Setelah itu, Kapal Pelni KM Kelud akan berlayar sejauh 210 naval miles menuju Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya