Dituduh Irjen Karyoto Sengaja Buat Ricuh saat Demo di DPR, Apdesi Bilang Begini

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Surta Wijaya.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta- Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menampik disebut sudah berencana menciptakan kericuhan saat unjuk rasa mereka di depan Gedung DPR/ MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

Kericuhan dikatakan terjadi lantaran adanya kekecewaan dari anggota APDESI sebab tidak bisa menemui pimpinan DPR RI guna penyampaian tuntutan mereka, yaitu revisi Undang-Undang Desa. Hal tersebut diungkap Ketua Umum APDESI, Surta Wijaya.

"Tidak ada itu niat demo ricuh, karena awalnya tidak ada yang menemui para pendemo, akhirnya naik pitam para oknum demo," ujarnya, Kamis 1 Februari 2024.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Ribuan Massa demo dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) hingga kini masih berorasi di depan gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu 31 Januari 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Namun, Surta mengklaim pihaknya mengapresiasi kinerja polisi yang tak melakukan tindakan represif ketika mengamankan aksi mereka kemarin. Menurutnya, polisi mengayomi massa APDESI dalam aksi tersebut.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

"Tapi alhamdulilah berkat aparat polisi yang pro aktif membantu mengayomi yang demo akhirnya para pendemo bisa pulang dengan tertib dan damai," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, perusak gerbang DPR/ MPR RI saat aksi demo Asosiasi Pemerintah Daerah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) berujung ricuh tengah diburu polisi.

Polisi akan mengidentifikasi para pelaku perusakan lewat dokumentasi yang ada. Hal itu diungkap Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.

"Kami punya dokumentasi tapi kan pelan-pelan ya," ujarnya, Rabu 31 Januari 2024.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Seperti diketahui, ribuan massa demo dari Apdesi menggeruduk gedung DPR/ MPR RI, hari ini. Dalam aksi itu, mereka merusak pagar dan tembok DPR memakai palu besar. Keramik tembok pagar DPR pun bolong dibuat. Massa pun sempat melempar botol air mineral ke Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Suyudi Ario Seto yang coba menenangkan aksi yang memanas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya