Profil Drs. Tukiman Tarunasayoga, Dosen Pascasarjana UNS yang Jadi Panelis Debat Capres Mendatang

Drs.Tukiman Taruna
Sumber :
  • https://ikom.apmd.ac.id/

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 12 nama panelis debat terakhir calon presiden (capres) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  Para panelis dalam debat kelima Pilpres 2024 kali ini lebih banyak berasal dari latar belakang  pakar kesehatan hingga pendidikan.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Debat calon presiden (Capres) terakhir pada Pemilu 2024 ini tentunya akan mempertemukan capres dari  masing-masing paslon lainnya. Mulai dari Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo yang akan kembal beradu gagasan sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Untuk debat mendatang salah satu panelis yang ditunjuk adalah  Drs. Tukiman Taruna Sayoga, MS, Ph.D. Lantas, siapakah sosok panelis tersebut? Scroll untuk baca selengkapnya.

MK: Kehadiran Mayor Teddy di Debat Capres Bukan Pelanggaran Pemilu

Profil Drs. Tukiman Taruna Sayoga, MS, Ph.D. 

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Drs. Tukiman Taruna Sayoga, Ketua Dewan Penyantun UNIKA Soegijapranata Semarang sekaligus dosen Pascasarjana UNDIP dan UNS dalam mata kuliah Community Development Planning.

Drs. Tukiman Taruna Sayoga diketahui juga pernah menjadi calon legislatif untuk DPD pada Pemilu 2004. Dia menjadi calon dari Daerah Pemilihan Jateng. Total suara sah pada pemilihan umum untuk DPD dari Jateng adalah 15.694.741. 

Drs. Tukiman Taruna Sayoga, MS pernah menerima 173.709 suara dalam daftar calon partai. Ia juga pernah menjadi calon nomor 1 . Hasil suara ini menjadikan Sdr  Dr. Drs. Tukiman Taruna Sayoga, MS. sebagai pemenang berurutan. 

Mengingat yang menang adalah keempat calon dengan suara paling banyak maka Sdr Dr. Drs. Tukiman Taruna Sayoga, MS. menjadi pemenang kursi DPD untuk Jateng  pada Pemilu 2004.

Karya Buku

Soal karya yang dibuatnya Tukiman Taruna ini pernah menulis ‘Pendidikan Nasional Dalam Reformasi Politik Dan Kemasyarakatan’ bersama rekan lainnya. Demikian itu tadi yang bisa sedikit kami sampaikan tentang sosok Tukiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya