18 Ormas Islam Deklarasi Pemilu Jujur dan Adil di KPU Kota Bogor

Pimpinan Ormas Islam di Kota Bogor Datangi KPU Daerah Kota Bogor untuk mendeklarasikan pemilu jujur dan adil. Muhammad AR/VIVA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Bogor – Forum Komunikasi Ormas Islam (FKOI) yang dihadiri 18 Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Kota Bogor menggelar deklarasi Pemilu Damai, di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor, Kamis  8 Februari 2024. Para pimpinan ormas Islam ini menegaskan pentingnya pelaksanaan Pemilu dan Pilpres ini berjalan jujur dan adil serta bermartabat.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Ketua FKOI, Ustaz Dadan Muldani menyampaikan harapan agar Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan jujur, adil dan berintegritas. "Kami mendorong masyarakat untuk bersuara lantang dan menolak intimidasi elit politik. Kami juga menyerukan agar masyarakat tidak golput dan menggunakan haknya dengan baik," ujar Ustaz Dadan Mulyani kepada awak media.

Kemudian, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Bogor, Haidir mengingatkan dan menekankan profesionalisme KPUD Kota Bogor sebagai penyelenggara pemilu. “Jadilah penyelenggara berintegritas dengan tidak tergoda melakukan tindakan yang tercela. Semoga Pemilu 2024 menghasilkan yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kota Bogor KH Maizar Madsury, mengungkapkan bahwa, Muhammadiyah dari pusat hingga daerah mendukung suksesnya Pemilu 2024, baik dalam pemilihan presiden maupun legislatif.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Proses pergantian kekuasaan harus mengedepankan moralitas dan keluhuran budi. Untuk itu semua pihak, termasuk di dalamnya  KPUD Kota Bogor, harus mengawal agar pemilu bisa berlangsung dengan keadaban yang tinggi dan jauh dari praktik kecurangan," ujar KH. Maizar Madsury.

Ketua Ikatab Dai Indonesia (IKADI) Kota Bogor, Ustaz Dr Hepi Andi Bastoni, mengingatkan pentingnya memilih sosok pemimpin dengan rekam jejak yang jelas. "Jangan pilih yang baru bisanya mengumbar janji. Sebab, siapa pun bisa berjanji apa pun. Tapi hanya rekam jejak, yang bisa menjadi bukti,” ujarnya.

Dosen di beberapa perguruan tinggi ini juga mengingatkan agar tidak tergoda dengan gimmick dari capres yang tidak substansif pada masalah. 

Ditemui di tempat yang sama, Ketua KPU Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin menyambut dengan baik silaturahim para pemuka ormas Islam di kantornya. "Ini suatu kebahagiaan dan menjadi suatu kehormatan dikunjungi oleh para ulama, kiai yang memberikan support kepada KPU Kota Bogor. Dan kami berharap doa-doa para kiai menjadi penyejuk tingginya tensi politik di Kota Bogor" ujarnya.

Berikut ini 18 ormas Islam yang tergabung dalam Forkom Komunikasi Ormas Islam (FKOI) Kota Bogor yang turut membacakan dan menandatangani deklarasi yakni :

1. PD Muhammadiyah Kota Bogor
2. PD Persatuan Islam ( PERSIS ) Kota Bogor
3. PC Nahdatul Ulama (NU ) Kota Bogor
4. Persatuan Umat Islam ( PUI ) Kota Bogor
5. Mathlaul Anwar (MA) Kota Bogor
6. Al Irsyad Al Islamiyah Kota Bogor
7. Al Washliyah Kota Bogor
8. Al Ittihadiyah Kota Bogor
9. Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor
10. Ikatan Da'i Indonesia (IKADI ) Kota Bogor
11. Asosiasi Dai dan Daiyah Indonesia ( ADDAI ) Kota Bogor
12. Forum Ulama dan Habaib (FUHAB ) Kota Bogor
13. Ikatan Guru Taman Al-gur”an (IGTA ) Kota Bogor
14. Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Bogor
15. PD Pemuda Muhamadivah ( PDPM ) Kota Bogor
16. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM ) Kota Bogor
17. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI ) Kota Bogor
18. Angkatan Muda Pengawal utama dan Habaib (AMPUH ) Kota Bogor. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya