Satgas Polri Klaim Pemilu 2024 di 9 Wilayah Papua Kondusif Tanpa Gangguan KKB

Ilustrasi warga Wamena, Papua memasukan kertas suara saat memberikan hak suaranya pada Pemilu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Papua – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada  sembilan daerah Operasi Damai Cartenz 2024, menjelang pemilu dan pada saat pemilu berlangsung aman tak ada gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP).

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Sembilan daerah operasi Damai Cartenz-2024 meliputi meliputi 3 provinsi yakni, Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Tengah yang terdiri dari Kabupaten Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya dan Jayapura.

Kepala operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, secara keseluruhan Kamtimbmas pada 9 daerah operasi Damai Cartenz-2024 relatif aman dan kondusif serta proses pemilihan umum mulai dari pentahapan awal hingga pemungutan suara berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan dari Kelompok KKB dan KKP.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

 "Kami memantau situasi Kamtibmas di 9 daerah operasi, pelaksanaan pendistribusian logistik pemilu dan proses pemungutan suara dapat berjalan dengan baik. Tidak ada gangguan dari KKB maupun KKP sehingga secara umum sampai hari ini situasi masih dapat kami kendalikan," ujar  Ka Ops Damai Cartenz-2024, Faizal Ramadhani, Kamis 15 Pebruari 2024.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menyampaikan, personil Ops Damai Cartenz-2024 tetap disiagakan untuk memperkuat pengamanan pemilu dari operasi Mantap Brata.

"Ya benar, kami dari personel Operasi Damai Cartenz-2024 sampai dengan hari ini tetap menyiagakan personel kami untuk memperkuat rekan-rekan yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata agar situasi Kamtibmas di Papua dapat aman dan terkendali," pungkasnya.

Bayu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dari sembilan daerah operasi Damai Cartenz-2024, atas kerjasama yang baik sehingga keamanan tetap terjaga dan pesta Demokrasi ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya