Satgas Operasi Damai Cartenz Tangkap Seorang Anggota KKB, Sita Sejumlah Barang Bukti

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Jayapura -- Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Alenus Tabuni alias Kobuter diamankan oleh Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Minggu, 18 Februari 2024.

Rio Reifan Ditangkap karena Kasus Narkoba, Ini Barang Buktinya

“Tim kami dari Satgas Ops Damai Cartenz wilayah puncak telah mengamankan 1 anggota KKB yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter. Ia diamankan di depan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas tersebut," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani, Selasa, 20 Februari 2024.

Menurut dia, satu anggota KKB tersebut diamankan bersama barang bukti lainnya. Ada satu lembar uang pecahan Rp100.000 dan Rp5.000. Kemudian sebuah kikir besi, sebuah handphone dan, beberapa temuan aksesoris lainnya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Anggota KKB yang ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Ilaga.

Photo :
  • Humas Damai Cartenz

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno menambahkan, kronologis kejadian berawal dari anggota Ops Damai Cartenz wilayah puncak sedang melaksanakan pemantauan di sekitar Ibu Kota Ditsrik Ilaga tepatnya di area perempatan Koramil. Mereka kemudian mendapatkan informasi yang mengarah ke sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan Puskesmas Distrik Ilaga.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Lebih lanjut, Bayu mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan aktivitas mencurigakan, mendukung aparat keamanan dalam memberikan jaminan keamanan di Kabupaten Puncak dan juga kontribusi masyarakat pada upaya pencegahan kriminalitas demi terciptanya Kabupaten Puncak yang aman dan damai.

“Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas tersebut dan mengamankan anggota KKB Alenus Tabuni alias Kobuter dan saat ini yang bersangkutan telah diamankan di Polres Puncak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya