Anggota KKB Egianus Kogoya yang Berperan Pasok Senjata dan Amunisi Ditangkap

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani
Sumber :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Jayapura - Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Epson Nirigi, yang berperan sebagai penyuplai amunisi dan senjata kepada KKB Kodap III Ndugama pimpinan Egianus Kogoya, diamankan Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 di wilayah Mimika, Senin, 20 Februari 2024.

Awal Mula 5 Oknum Polisi Ditangkap Diduga Usai Konsumsi Sabu di Depok

Penangkapan dilakukan di Hotel Lavela In, jalan Kalimutu, Kota Mimika, saat yang bersangkutan sedang mengikuti rapat rekapitulasi suara Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Kepala Operasi Damai Cartenz2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani, mengatakan, Epson Nirigi merupakan anggota aktif KKB dari Kodap III Ndugama dan merupakan anak buah dari Egianus Kogoya.

(Ilustrasi) Anggota KKB Papua.

Photo :
  • Puspen TNI.
Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

“Yang bersangkutan diketahui berumur 35 tahun dan beralamat di Kampung Noema Distrik Jita Kabupaten Mimika. Saat ini EPSON NIRIGI telah diamankan di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024, Wilayah Mimika untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," kata dia, Rabu 21 Februari 2024.

Faizal menambahkan, Epson Nirigi sudah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Polres Nduga sejak tahun 2023. Yang bersangkutan berdomisili di Kabupaten Mimika dimana pekerjaannya sebagai Operator Speed Boat. Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno menambahakan, Epson Nirigi dalam KKB adalah sebagai penyuplai amunisi dan senjata.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Kata dia, penangkapan terhadap Epson Nirigi bermula dari masyarakat yang melaporkan bahwa yang bersangkutan sedang mengkuti kegiatan rapat rekapitulasi suara yang sedang berlangsung di Hotel Lavela In. Satgas Ops Damai Cartenz wilayah Mimika, kemudian langsung melakukan penangkapan dan membawa yang bersangkutan ke Posko Ops Damai Cartenz 2024 di Mimika untuk proses penyidikan lebih lanjut.

“Selama penangkapan, Satgas berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk 1 buah tas pinggang, uang tunai 116 ribu, 1 buah charger oppo, 1 buah korek, 2 buah buku nota, 1 buah flashdisk, 1 buah kartu ATM bank BRI, 1 buah KTP, 1 buah kartu BPJS, 1 buah kartu visitor Yayasan Kuala Papua Indonesia, 1 buah SIM C, pas foto, 1 buah STNK motor, 1 buah dompet, dan 1 buah kartu pos," kata Bayu menambahkan.

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Sebelumnya diberitakan, seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Alenus Tabuni alias Kobuter diamankan oleh Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Minggu, 18 Februari 2024.

“Tim kami dari Satgas Ops Damai Cartenz wilayah puncak telah mengamankan 1 anggota KKB yaitu, Alenus Tabuni alias Kobuter. Ia diamankan di depan Puskesmas Distrik Ilaga saat bergabung dengan sekelompok masyarakat yang sedang berdiri di depan puskesmas tersebut," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani, Selasa, 20 Februari 2024.

Menurut dia, satu anggota KKB tersebut diamankan bersama barang bukti lainnya. Ada satu lembar uang pecahan Rp100.000 dan Rp5.000. Kemudian sebuah kikir besi, sebuah handphone dan, beberapa temuan aksesoris lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya