Serah Terima Jabatan Menteri ATR/BPN, Ini Pesan Hadi Tjahjanto ke AHY

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Hadi Tjahjanto menitipkan pesan kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai resmi dilantik menjadi Menteri ATR/BPN.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

Diketahui, Hadi Tjahjanto sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/BPN dan dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam RI.

Dalam serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan di Kementerian ATR/BPN, Hadi berpesan kepada AHY untuk melakukan tugasnya dengan baik. Menurutnya, AHY dapat melanjutkan berbagai program yang telah dibentuk.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

"Kementerian yang selalu ditunggu-tunggu oleh rakyat, apabila nanti mas AHY datang, rakyat merasa bahwa negara itu hadir, banyak petani, buruh kecil, nelayan tradisional semuanya dalam pendampingan negara. Melalui program termasuk diantaranya pembagian sertipikat," kata Hadi dalam pidatonya, Rabu, 21 Februari 2024.

Menteri Hadi Serah Terima Jabatan ke AHY

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
Ini Pesan Babe Cabita Saat Dokter Mengatakan Usianya Tak Lama Lagi

"Saya yakin mas AHY nanti, dapat melaksanakan itu, apalagi masuk ke wilayah-wilayah. Saya yakin mas AHY pasti itu. Apalagi, masyarakat juga senang didatangi seorang menteri, apalagi menterinya gagah," sambungnya.

Hadi juga sempat berkelakar kepada istri AHY, yaitu Anissa Pohan. Ia mengatakan Anissa tak perlu khawatir jika AHY pergi menjalankan tugas negara. Sebab, kata Hadi, masyarakat kecil harus mendapatkan sertipikat tanah.

"Mba Anissa tidak perlu cemburu, karena yang nyalamin kita semua nya tuwir-tuwir. Bebaskan mas AHY, untuk melaksanakan tugas negara. Mas AHY pasti terharu, mas harus bisa tahan tangisan, tahan saja di dada. Seluruh rakyat kita, khususnya dipinggiran bisa mendapatkan sertipikat," kata Hadi. 

Selain itu, Hadi juga berpesan kepada AHY agar dapat memperkenalkan diri kepada seluruh jajaran di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Ia juga mengatakan seluruh jajaran akan siap membantu AHY untuk menyelesaikan seluruh tugas negara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

"Mas AHY bisa memperkenalkan diri kepada seluruh jajaran. Dan saya yakin, mas AHY besok pagi bekerja disini, para Irjen siap untuk melaksanakan tugas, nunggu perintah. Semuanya sudah ada, tinggal perintah. Mas AHY bisa juga langsung panggil, tolong acarakan saya ke wilayah mana saja. Mereka sudah punya," katanya. 

Selain itu, Hadi juga menjelaskan beberapa program strategis yang harus dijalani oleh AHY ke depannya. Salah satunya yaitu penggunaan sertipikat tanah secara elektronik.

"Kementerian ATR/BPN memiliki beberapa program strategis, di antaranya pendaftaran percepatan tanah melalui PTSN, Reforma Agraria dan pelayanan pertanahan berbasis digital. Ini juga menjadi tugas MAS AHY nanti sertipikat tanah sudah menggunakan secara elektronik," jelasnya. 

Sebagai informasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengangkatan Hadi dan AHY sebagai Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala BPN berdasarkan Keputusan Presiden atau Keppres Republik Indonesia Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa jabatan Periode tahun 2019-2024. Adapun Keppres ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya