15 Anggota KPPS di Jawa Tengah Meninggal Saat Bertugas, 428 Lainnya Jatuh Sakit

Anggota KPPS meninggal saat berada di Puskemas Patean Kendal.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Sejumlah anggota KPPS di Jawa Tengah KPU Provinsi Jawa Tengah meninggal dunia dan jatuh sakit pada saat menjalankan tugas dalam tahapan Pemilu 2024. Hal itu diungkapkan komisioner KPU Jawa Tengah setelah melakukan pendataan per 22 Februari 2024.

Profil Salim Said Tokoh Pers Nasional yang Kini Meninggal Dunia

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan, tercatat hingga kini sudah ada 15 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia, serta 428 KPPS yang sakit saat masa menjalankan tugas.

Ia menambahkan, masa kerja KPPS terhitung satu bulan sejak dilantik. Sehingga KPPS masih menjadi tanghung jawab KPU termasuk santunan.

Legenda Binaraga Indonesia Levi Rumbewas Meninggal Dunia

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono.

Photo :
  • Antara

"Bahwa masa kerja memang satu bulan, artinya dari sejak dilantik sampai satu bulan kemudian masih menjadi tanggung jawab KPU. Angkanya nanti menyesuaikan BPJS," kata Handi di Semarang, Kamis, 22 Februari 2024

Kelakar Airlangga: Raffi Ahmad Bisa OTW Jawa Tengah atau Jakarta

Selain KPPS, Handi juga menyebut ada 14 anggota Linmas dan 3 anggota PPK di Jawa Tengah yang juga meninggal. "Untuk santunan tidak sebatas pada yang meninggal, yang sakit juga berhak atas santunan," tambahnya.

Menurut Handi, para anggota KPPS, PPK, maupun Linmas yang meninggal secara umum karena memang sudah punya komorbid.

Sementara itu, anggota KPU Jateng lainya, Paulus Widiyantoro menyampaikan informasi bahwa penghitungan suara Pemilu 2024 saat ini sudah sampai di tingkat PPK atau kecamatan. Pihaknya terus memantau termasuk juga kesehatan petugas di tingkat PPK.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya