VIVA Round Up

Terpopuler: 5 Negara Pemasok Senjata ke Israel, Danjen Kopassus Baru, dan Sosok Kekasih Putin

Tentara Israel saat melakukan operasi militer di Gaza, Palestina
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

Jakarta – Berita tentang daftar lima negara pemasok terbesar senjata ke Israel jadi yang terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Kamis, 22 Februari 2024. Israel diketahui mendapat dukungan senjata canggih dari beberapa negara untuk operasi militernya yang hingga kini masih menyerang rakyat Palestina di Gaza.

Tahan Serangan Iran, Israel Rugi Rp16,3 Triliun dalam Semalam

Kabar terpopuler kedua dan ketiga diisi dengan rotasi 5 jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Salah satunya Brigjen TNI Djon Afriandi diangkat oleh Panglima TNI sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggantikan Mayjen Deddy Suryadi yang dimutasi sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Sementara, berita terpopuler di posisi keempat adalah tentang pakar politik Burhanuddin Muhtadi yang berkomentar terkait Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diplot jadi Menteri ATR/Kepala BPN. Dan kelima adalah tentang sosok kekasih baru Presiden Putin

Presiden Iran Sebut Serangan kepada Israel sebagai "Hukuman terhadap Agresor"

Simak selengkapnya 5 berita tersebut yang dirangkum dalam VIVA Round Up:

1. 5 Negara Pemasok Senjata Mematikan ke Israel, Ada Negara yang Tak Disangka

Mereda, Israel Buka Kembali Ruang Udara Setelah Dibombardir Iran

Tentara Israel, tank, howitzer dan kendaraan lapis baja terlihat ketika mobilitas militer Israel terus berlanjut di perbatasan Gaza, di Nahal Oz (Doc: Anadolu Ajansi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Militer Israel saat ini mengumumkan bahwa pasukan darat terus beroperasi di Jalur Gaza, seiring dengan serangkaian serangan udara yang ditujukan ke 200 target.

Salah satu target yang diserang adalah sebuah sekolah di kota timur laut Beit Hanoun. Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), sekolah tersebut dianggap sebagai "infrastruktur teror" yang menyimpan terowongan berisi senjata dan bahan peledak. 

Israel telah dikenal mendapat dukungan senjata canggih dari beberapa negara untuk melancarkan operasi militer. Berikut adalah lima negara penyuplai terbesar senjata kepada Israel.

Baca selengkapnya di sini

2. Brigjen Djon Afriandi Jabat Danjen Kopassus, Karir Mentereng Peraih Adhi Makayasa

Brigjen Djon Afriandi jabat Danjen Kopassus

Photo :
  • Ist

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengangkat Brigjen TNI Djon Afriandi sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggantikan Mayjen Deddy Suryadi yang dimutasi sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Pergeseran jabatan perwira tinggi di Korps Baret Merah tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

3. Panglima TNI Mutasi 5 Pangdam, Dua Perwira Naik Pangkat Bintang Tiga

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat Pati TNI

Photo :
  • Puspen TNI

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan rotasi 5 jabatan  Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam). Beberapa Pangdam ada yang dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

Pergeseran jabatan perwira tinggi TNI itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

4. AHY Diplot jadi Menteri ATR, Pakar: Resistensi dengan PDIP Diterabas Jokowi

Presiden Jokowi bersama Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Photo :
  • Akun X @jokowi

Manuver Presiden RI Jokowi memilih Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menuai sorotan. AHY saat ini sudah resmi masuk kabinet pemerintahan Jokowi.

Pakar politik Burhanuddin Muhtadi menganalisa dinamika dengan masuknya AHY yang kini jadi bagian kabinet pemerintahan Jokowi. Menurut dia, kondisi itu karena perilaku partai politik di Tanah Air tak punya rambu-rambu yang tegas secara ideologis untuk keluar masuk ke dalam pemerintahan.

Baca selengkapnya di sini

5. Ini Sosok Kekasih Baru Presiden Putin, Beda Usia 30 Tahun dan Lulusan Sastra Indonesia

Kekasih baru Vladimir Putin, Ekaterina Katya Mizulina

Photo :

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan telah menjalin hubungan romantis baru dengan seorang wanita yang disebut memiliki “tipe Barbie”, berambut pirang dan 32 tahun lebih muda darinya, menurut laporan terbaru. 

Wanita cantik tersebut bernama Ekaterina “Katya” Mizulina dan kini berusia 39 tahun. Ia adalah seorang sejarawan seni lulusan Inggris yang mengepalai Liga Internet Aman pro-Kremlin Rusia.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya