Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H Diundur, Catat Perubahannya

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Pengumuman hasil seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat mengalami penundaan, demikian disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, dalam keterangannya di Jakarta pada Minggu, 25 Februari 2024. Awalnya, hasil seleksi ini dijadwalkan akan diumumkan pada 26 Februari 2024, namun penundaan tersebut disebabkan oleh beberapa persiapan yang masih perlu diselesaikan.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Hasil seleksi ini sedianya akan diumumkan pada 26 Februari 2024. Namun masih ada sejumlah persiapan sehingga ditunda pengumumannya," kata Anna Hasbie dalam keterangannya. Scroll lebih lanjut ya.

Anna Hasbie menjelaskan, penundaan ini hanya berlaku untuk PPIH Arab Saudi atau petugas non-kloter yang tidak mendampingi langsung jemaah haji. Seleksi PPIH Arab Saudi tingkat pusat dimulai dengan proses pendaftaran dan seleksi berkas pada 11 - 19 Januari 2024.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama. Peserta yang lolos verifikasi berkas kemudian mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 25 Januari 2024.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Anna Hasbie menyatakan bahwa pengumuman hasil seleksi akan diinformasikan kemudian kepada para peserta. Sementara itu, untuk petugas kloter, mereka saat ini sedang mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh masing-masing Embarkasi Haji. Bimtek ini berlangsung dari 19 Februari hingga 4 Maret 2024, dengan tujuan untuk mempersiapkan para petugas menjadi profesional dan memberikan layanan terbaik kepada jemaah.

Kementerian Agama tetap mempertahankan semangat Haji Ramah Lansia dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Selain itu, Ditjen PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) terus melakukan berbagai persiapan, termasuk pelunasan tahap I yang telah ditutup pada 23 Februari 2024 dengan partisipasi 200.601 jemaah reguler.

Anna Hasbie juga mengumumkan bahwa masih terdapat sisa kuota, dan oleh karena itu, pelunasan tahap II akan dibuka pada 13 – 26 Maret 2024. Di luar negeri, Tim Ditjen PHU sedang berupaya maksimal dalam persiapan layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, termasuk layanan konsumsi, transportasi, dan akomodasi. Selain itu, seleksi mahasiswa/mukimin di Timur Tengah/Arab Saudi juga sedang berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya