8 Kejanggalan Tewasnya Santri Banyuwangi di Pesantren Kediri, Ceceran Darah hingga Luka Bakar

Mia tunjukkan foto Bintang Balqis Maulana, santri yang tewas di pesantren kediri
Sumber :
  • tvOnnews

Banyuwangi – Seorang santri bernama Bintang Balqis Maulana (14) yang menimba ilmu di Kediri dipulangkan kembali ke rumah orang tuanya di Banyuwangi dalam kondisi meninggal dunia.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Sedikitnya 8 kejanggalan ditemukan pihak keluarga saat jenazah Bintang tiba di rumah duka dalam kondisi terbungkus kain kafan pada Sabtu, 24 Februari dini hari.

Berikut 8 kejanggalan kematian santri asal Banyuwangi

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Mia Nur Khasanah (22) selaku kakak almarhum Bintang mengungkap bahwa jenazah adiknya diantar oleh seorang sepupu berinisial FTH dan 4 perwakilan pondok pesantren.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

1. Korban disebut jatuh di kamar mandi

Mia mengungkap, perwakilan pondok pesantren mulanya mengaku bahwa korban tutup usia akibat jatuh di kamar mandi.

2. Darah berceceran

Namun, lanjut Mia, keluarga mulai curiga saat menemukan ceceran darah keluar dari keranda yang membawa jenazah adiknya. Berawal dari sanalah kemudian dirinya meminta agar kain kafan dibukakan.

3. Kain kafan tak boleh dibuka

Permintaan keluarga untuk membuka kain kafan yang membungkus jenazah korban tidak begitu saja dilakukan. Pihak pesantren sempat menghalang-halangi dan berdalih jenazah sudah disucikan.

"Kata (FTH) sudah suci. Jadi gak perlu dibuka (kain kafan) itu. Tapi kami tetap ngotot karena curiga adanya ceceran darah keluar dari keranda," ungkap Mia kepada wartawan, Minggu 25 Februari 2024 sore.

4. Lebam di sekujur tubuh

Desakan keluarga serta tetangga yang ada di lokasi tak mampu ditolak FTH termasuk 4 orang perwakilan pondok pesantren. Hingga kemudian keluarga melihat kondisi jenazah Bintang. Mia mengungkap jenazah adiknya penuh luka lebam di sekujur tubuh.

5. Bekas jerat di leher

Bukan cuma itu, Mia juga menyebut pihak keluarga melihat seperti ada bekas jeratan di leher korban.

6. Hidung patah

Santri Tewas Diduga Dianiaya, Keluarga Temukan Lebam dan Luka Bakar

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, lanjut Mia hidung korban juga dikabarkan mengalami luka hingga terlihat seperti patah. “Ini sudah pasti bukan jatuh, tapi dianiaya,” ucap Mia.

7. Luka bakar

Mia juga mengungkap, keluarga menemukan adanya luka bakar seperti bekas disundut rokok di bagian kaki korban berjumlah lebih dari satu.

8. Bagian dada seperti berlubang

Terakhir, Mia juga mengungkap kondisi jenazah mengalami seperti berlubang di bagian dada.

Terkait kelanjutan kasus ini, keluarga telah melapor ke Polsek Glenmore. Adapun, jenazah Bintang telah dibawa ke RSUD Blambangan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kasus tewasnya santri asal Banyuwangi, polisi tetapkan 4 tersangka

Photo :
  • Istimewa

Terkait kasus ini,  Satreskrim Polres Kediri Kota telah menetapkan empat orang santri sebagai tersangka atas tewasnya santri asal Banyuwangi, Bintang Balqis Maulana (14) pada hari Jumat 23 Februari 2024 pagi.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Bramastyo Priyaji mengatakan, berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, keempat tersangka merupakan senior korban di pondok pesantren.

Dugaan sementara, korban tutup usia akibat dianiaya di dalam wilayah pondok pesantren di Desa Kranding, Kecamatan Mojo, Kediri. “Kita masih dalami dari saksi-saksi yang ada, baik di wilayah Kediri ataupun di lingkup Pondok Pesantren," ujranya kepada awak media Senin, 26 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya