Bupati Trenggalek Raih Penghargaan Kepala Daerah Pengelola Baznas Terbaik

BAZNAS Award tahun 2024 memberikan penghargaan kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin salah satu kepala daerah yang berdedikasi dalam mendukung pengelolaan zakat terbaik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta  - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjadi kepala daerah yang menerima penghargaan Baznas Award tahun 2024. Bupati Baznas dianggap berdedikasi dalam mendukung pengelolaan zakat terbaik.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Ketua Baznas RI, Noor Achmad mengucapkan selamat kepada Bupati Trenggalek yang berhasil terpilih. 

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Bupati Trenggalek yang telah terpilih mendapatkan Baznas Awards 2024 sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas Terbaik," ujar Noor Achmad dalam keterangannya dalam acara Baznas Awards 2024 di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta Selatan, Kamis 29 Februari 2024. 

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin selama masa jabatannya mendorong peningkatan pengumpulan zakat di Kabupaten Trenggalek melalui Baznas dengan awalnya mengerahkan dari para ASN hingga bisa mencapai Rp 7-8 miliar per tahun.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mempercayakan Baznas sebagai tempat berzakatnya," ujar Ipin sapaan akrab Nur Arifin

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Ipin mengatakan pengumpulan dana zakat melalui Baznas saat ini menjadi innovative financing guna memerangi kemiskinan. 

"Penyalurannya ada yang sifatnya produktif, melalui usaha-usaha UMKM kemudian peternakan dan lain sebagainya, Kemudian, juga beberapa hal kita gunakan untuk membantu, contohnya bagaimana menghadirkan perumahan inklusi bagi teman-teman difabel. Juga yang paling penting kita bisa melakukan penanggulangan cepat untuk masyarakat yang seperti belum punya BPJS dan sebagainya, kita cover dulu melalui dana Baznas," ujarnya. 

Ipin menjelaskan Baznas Trenggalek rutin memprioritaskan tidak hanya zakat maupun infak, namun juga wakaf.

"Kita ingin wakafnya dibesarkan agar kita bisa melakukan nanti pemberdayaan ekonomi melalui wakaf produktif kepada masyarakat yang berhak mendapatkan," ujarnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya