Polisi Tetapkan Gus Samsudin Jadi Tersangka Kasus Video Aliran Sesat Tukar Pasangan

Gus Samsudin dijemput penyidik Siber Polda Jatim
Sumber :
  • HO Polda Jatim

Surabaya – Penyidik Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan Samsudin Jadab alias Gus Samsudin sebagai tersangka, dalam kasus video aliran sesat boleh bertukar pasangan. Ia ditetapkan sebagai tersangka setelah diperiksa sejak Kamis, 29 Februari 2024..

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Dirmanto mengatakan, penyidik melakukan gelar perkara setelah memeriksa Gus Samsudin dan sejumlah saksi lainnya. "Dan hari ini saudara Samsudin sudah dinyatakan sebagai tersangka," katanya, Jumat, 1 Maret 2024.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Samsudin langsung dijebloskan ke dalam sel tahanan. Ia ditahan untuk 20 hari ke depan. Penyidik masih mendalami terus kasus itu dan kemungkinan tersangka bisa bertambah.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Ilustrasi media sosial.

Photo :
  • Pexels

Sementara itu, Kepala Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Charles Tampubolon, mengatakan, Samsudin disangka menjadi pembuat skenario video aliran sesat tukar pasangan tersebut. "[Samsudin] pembuat skenario," ujarnya.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Dengan konten seperti itu, Samsudin berharap akun YouTubenya memperoleh banyak subscriber. Karena perbuatannya itu, Charles menyebut Samsudin dijerat dengan Pasal 28 Ayat (2) dan (3) UU ITE.

Video boleh bertukar pasangan itu viral di media sosial sejak beberapa hari lalu. Dalam video, terlihat seorang perempuan berbusana dan bercadar hitam seperti tengah menjalani terapi. Di atas kursi, duduk sejumlah pria bersurban. Seorang di antaranya mengatakan bertukar pasangan tidak masalah.

Video itu kian viral setelah dibagikan oleh sejumlah akun, termasuk akun gosip @lambe_turah. "Astaga! Aliran Sesat Bolehkah Tukar Pasangan Meski Tak Menikah," tulis akun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya