Gus Samsudin Dijebloskan ke Penjara Usai Jadi Tersangka Video Aliran Sesat Tukar Pasangan

Gus Samsudin dan Istri
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Surabaya – Penyidik Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur menahan YouTuber Samsudin Jadab alias Gus Samsudin. Status Gus Samsudin pun sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus video aliran sesat boleh tukar pasangan.

Viral Pemotor Jatuh dan Terserempet Truk karena Takut Mau Ditilang, Ini Kata Polisi

"Hari ini saudara Samsudin sudah dinyatakan sebagai tersangka. Kemudian juga hari ini sudah dilakukan penahanan di rumah tahanan negara Polda Jawa Timur," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Dirmanto, Jumat, 1 Maret 2024.

Sementara, Kepala Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Polisi Charles Tampubolon menambahkan, Samsudin ditetapkan sebagai tersangka karena diduga kuat jadi pembuat skenario video aliran sesat tukar pasangan.

Ketum PITI Bertemu Ali Mochtar Ngabalin, Singgung Kasus Pendeta Gilbert

Dia menjelaskan pembuatan video itu dibuat untuk memancing banyak pembaca dan untuk mendulang subcriber sebanyak-banyaknya. Meski hanya konten, tapi akibatnya video tersebut memicu keresahan dan keonaran di tengah masyarakat.

Gus Samsudin bersama pengacaranya Supriarno di Polda Jatim

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Usut Penistaan Agama oleh Pendeta Gilbert, Polisi Periksa MUI hingga Kemenag

Charles bilang, penyidik jerat Samsudin dengan Pasal 28 Ayat (2) dan (3) UU ITE. Namun, ia menekankan, penyidik juga kemungkinan bisa menjerat Samsudin dengan pasal penistaan agama.

"Tadi sudah disampaikan oleh Bapak Kabidhumas ke depannya kita ada rencana tindak lanjut yaitu memeriksa ahli agama dan ahli pidana terkait penistaan agamanya. [Artinya tak menutup kemungkinan dikenakan pasal penistaan agama?] Betul sekali," ujar Charles.

Adapun video heboh yang menarasikan boleh bertukar pasangan itu viral di media sosial sejak beberapa hari lalu. Dalam video, terlihat seorang perempuan berbusana dan bercadar hitam seperti tengah jalani terapi.

Lalu, di atas kursi, ada sejumlah pria mengenakan kain ikat kepala atau serban tengah duduk. Seorang pria di antaranya mengatakan bertukar pasangan tidak masalah.

Video itu kian viral di media sosial setelah dibagikan sejumlah akun termasuk akun gosip @lambe_turah. "Astaga! Aliran Sesat Bolehkah Tukar Pasangan Meski Tak Menikah," tulis akun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya