Sosok 2 Jenderal Bintang 4 yang Masih Aktif Bertugas di TNI, Bukan Orang Sembarangan

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto saat berpamitan di Mabesad
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta – Sampai saat ini setidaknya ada dua nama jenderal bintang 4 yang masih aktif bertugas di TNI. Jenderal TNI ini adalah pangkat teratas dalam golongan perwira tinggi (pati) TNI AD. Ia berada satu tingkat di atas Letnan Jenderal (Letjen) atau jenderal bintang 3. 

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Memiliki bintang 4, Jenderal TNI setara dengan pangkat Laksamana untuk Angkatan Laut dan Marsekal di Angkatan Udara. Meski demikian, penyebutan Jenderal TNI ini lebih identik dipakai oleh pati TNI AD karena berbeda penyebutan dengan angkatan militer yang lain. 

Menariknya, salah satunya adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut ulasan mengenai dua jenderal bintang 4 yang masih bertugas di TNI. 

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

1. JenderaL TNI Agus Subiyanto

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • Puspen TNI
Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

JenderaL TNI Agus Subiyanto saat ini aktif menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Posisi ini didapatkan setelah ia menggantikan Laksamana Yudo Margono pada November 2023 lalu. Karier militer Agus Subiyanto tentunya sangat cemerlang. 

Sebelum menduduki jabatan panglima, jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 ini sudah banyak mengemban berbagai jabatan penting lainnya. Pada 2020, Agus sempat diyakini sebagai Danrem 061/Surya Kencana dan ia ditunjuk sebagai Danpaspampres menggantikan Maruli. 

Kurang dari setahun menjadi perisai hidup Jokowi, Agus Subiyanti mendapat tugas baru sebagai Pangdam III/Siliwangi untuk menggantikan Mayjen Nugroho Budi Wiryanto. Ia juga sempat menduduki jabatan sebagai Wakil KSAD periode 2022-2023. 

Sekitar Oktober 2023, ia ditunjuk sebagai KSAD untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Belum lama menduduki jabatan KSAD, Agus Subiyanto diusulkan men jadi calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. 

2. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak

Photo :
  • AP Photos

Selanjutnya adalah Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan saat ini ia mengemban tugas sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Jabatan tersebut didapatkan Maruli saat menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang beralih menjadi Panglima TNI. 

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat pada 27 Februari 1970. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 itu juga memiliki riwayat karier yang cemerlang. Tercatat ia sudah menduduki berbagai posisi strategis di militer. 

Maruli sempat menduduki jabatan sebagai Danrem 074/Warastratama pada periode 2016-2017. Sempat menjadi Wadanpaspampres (2017-2018) dan Kasdam IV/Diponegoro (2018), ia kemudian ditunjuk menjadi Komandan Paspampres menggantikan Mayjen (Mar) Suhartono.

Pada November 2020, Maruli mendapat tugas baru sebagai Pangdam IX/Udayana menggantikan Mayjen Kurnia Dewantara. Maruli semakin dikenal karena pada tahun 2022-2023 menduduki jabatan Panglima Kostrad sampai akhirnya menjadi KSAD. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya