KPK Sebut Kasus Korupsi di PT Taspen Sebabkan Kerugian Puluhan Miliar

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • KPK.go.id

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan penyidikan baru dugaan kasus korupsi di PT Taspen. KPK menyebut kerugian yang ditaksir dalam dugaan kasus baru tersebut mencapai puluhan miliar.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Timbul kerugian keuangan negara dari pengadaan tersebut mencapai ratusan miliar rupiah dan sedang dilakukan proses penghitungannya real nilai kerugiannya," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.

Ali menjelaskan bahwa dugaan korupsi di PT Taspen itu yakni berupa adanya investasi fiktif di PT Taspen TA 2019 dengan melibatkan perusahaan lain.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

"Saat ini tengah dilakukan proses pengumpulan alat bukti terkait penyidikan dugaan korupsi dalam kegiatan investasi fiktif yang ada di PT Taspen (Persero)," kata Ali.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Ilustrasi: Penyidik KPK saat rilis barang bukti kasus korupsi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun begitu, KPK masih belum bisa menjelaskan secara rinci terkait dengan pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Lembaga antirasuah masih mengumpulkan bukti secara lengkap.

"Konstruksi kasus yang menjerat para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka termasuk siapa saja yang menjadi Tersangka belum dapat umumkan pada publik hingga kami anggap seluruh tahapan pengumpulan alat bukti ini cukup," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya