5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara
Sumber :
  • Dok Lanud Anang Busra

Nunukan - Sebelumnya dikabarkan pesawat Smart Aviation tujuan Tarakan-Binuang hilang kontak dan terjatuh di Kabupaten Nunukan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Jatuhnya pesawat Smart Aviation terjadi pada Jumat lalu, 8 Maret 2024. Selain itu juga, dentuman pesawat jatuh terdengar oleh warga, hingga akhir warga setempat pun mencoba mencari sumber bunyi dentuman tersebut.

"Kami baru selesai pertemuan malam ini dan pada hari Sabtu, warga kami ada tim yang melakukan pencarian," kata Kades Ba Binuang Kalvin Daud Ipid/Pagu saat dihubungi dari Tarakan, Sabtu.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Berikut beberapa fakta menarik jatuhnya pesawat Smarta Aviation, dilansir berita viva sebelumnya:

1. Pilot Selamat

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

Photo :
  • Dok Lanud Anang Busra

Dalam kejadian jatuhnya pesawat Smart Aviation pilot bernama M Yusuf (29) berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat dan mengalami luka-luka dibagian kepala serta langsung dibawa ke RSUD dr Jusuf.

2. Teknisi Pesawat Smart Aviation Meninggal Dunia

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

Photo :
  • Ist

Sementara teknisi pesawat Smart Aviation yaitu Deni (35) meninggal dunia dan kini sudah berada di RSUD dr Jusuf. Seperti diketahui, peswat tersebut hanya dihuni oleh dua orang penumpang yaitu pilot dan teknisi pesawat yang hendak akan mengantarkan logistik.

3. Kotak Hitam Belum Ditemukan

Pesawat Pilatus PC-6 PK-SNE milik Smart Air Aviation

Photo :
  • Instagram @smart.cakrawala.aviation

Tim SAR gabungan kini masih berada di lokasi titik jatuhnya pesawat Smart Aviation untuk mencari kotak hitam atau Black Box dan Flight Data Recorder (FDR).

"Kita kerahkan satu unit helikopter Bell dari Malinau ke lokasi kejadian untuk misi mencari black box dan FDR," kata Kepala Basarnas Tarakan Syahril di Tarakan, Senin, 11 Maret 2024.

4. Kronologi Penemuan Pesawat Smart Aviation

Helikopter TNI AU saat pencarian pesawat Smart Air jatuh di Kaltara

Photo :
  • Dok Lanud Anang Busra

Dijelaskan oleh Kepala Basarnas setempat yaitu Tarakan Syahril mengungkapkan proses penemuan titik pesawat jatuh berawal dari adanya sinyal SOS berupa bakaran apil dan asap di titik penemuan pesawat Smart Aviation.

"Ditemukan pada koordinat 3°43'45.80"N115°56'54.45"E. Diduga api seperti api unggun tersebut dibuat oleh korban yang masih hidup untuk memberikan tanda," ungkap Tarakan Syahril.

5. Libatkan Anggota TNI

Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Pnb Bambang Sudewo

Photo :
  • Dok Lanud Anang Busra

Tidak hanya Basarnas, Anggota TNI pun dilibatkan dalam misi pencarian pesawat Smart Aviation yang jatuh di Nunukan Kalimantan Utara. Hal ini disampaikan langsung oleh Komandan Lanud Anang Busra, Kolonel Pnb Bambang Sudewo.

"Alhamdulillah setelah tiga hari dilakukan pencarian akhirnya Pesawat Smart Air ditemukan jatuh di alur Subaka Desa Binuang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara," Kata Kolonel Bambang Sudewo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya