Evakuasi Warga Mau Bunuh Diri, Anggota Basarnas Terjatuh dari Tower Telkomsel Hingga Tewas

Tower Telkomsel tempat jatuhnya anggota Basarnas Jayapura
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

JayapuraSeorang anggota Basarnas Jayapura meninggal dunia setelah terjatuh dari salah satu Tower Telkomsel Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. Saat itu, anggota Basarnas hendak membantu evakuasi warga inisial TP (21) yang melakukan percobaan bunuh diri di Tower Telkomsel pada Rabu, 13 Maret 2024.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Anggota Basarnas Jayapura bernama Try Sudarno meninggal dunia di Rumah Sakit Yowari, setelah jatuh dari tower bersama warga yang melakukan percobaan bunuh diri tersebut. Almarhun Try Sudarno sempat dilarikan ke Rumah Sakit Yowari dan menjalani perawatan, namun tidak terselamatkan karena mengalami luka dan patah tulang. Sedangkan, warga korban percobaan bunuh diri hingga saat ini masih menjalani perawatan di RS Yoawari.

Kapolsek Sentani Barat, Ipda Ahmad Efran Muharya mengatakan peristiwa kecelakaan kerja itu berawal pada pukul 09.40 WIT. Pihaknya, kata dia, telah menerima laporan dari salah satu warga inisial EY bahwa ada warga yang akan melakukan percobaan bunuh diri di Tower Telkomsel Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

“Korban saat evakuasi penyelamatan TY (pelaku percobaan bunuh diri) mengalami luka pada tangan kiri, sedangkan almarhum Tri Sudarno (pers Basarnas) mengalami patah tulang bagian bahu dan tangan kanan serta benturan di bagian kepala sehingga meninggal dunia,” kata Ipda Ahmad.

Ipda Ahmad menjelaskan kronologis kejadian tersebut, yakni saat kejadian anggota piket Polsek Sentani Barat regu jaga lll mendapatkan informasi via telpon Whatsapp terkait adanya masyarakat yang melakukan percobaan bunuh diri di Tower Telkomsel Sabron Yaru, tepatnya di Gunung Sabron Kampung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Pukul 09.45 WIT, tim patroli langsung bergerak menuju tempat kejadian perkara (TKP) dipimpin oleh Ps. Kapolsek Sentani Barat IPDA Ahmad Erfan Muharya. Setelah tim patroli tiba di lokasi kejadian, langsung melakukan negosiasi kepada pelaku dan keluarga pelaku percobaan bunuh diri.

Selanjutnya, Polsek Sentani Barat meminta bantuan kepada Tim Basarnas untuk membantu mengevakuasi pelaku percobaan bunuh diri.

“Setelah Tim Basarnas tiba di TKP, dan melakukan upaya penyelamatan pelaku bunuh diri di Tower Telkomsel Dosai, almarhum Tri Sudarno melakukan evakuasi pelaku percobaan bunuh diri TY, pada saat itu sudah berada di tengah-tengah tower. Kemudian, keduanya terjatuh dari tower,” ujarnya.

Menurut dia, korban percobaan bunuh diri sempat melakukan perlawanan sehingga terjatuh bersama anggota Basarnas yang hendak mengevakuasinya. “Karena pelaku percobaan bunuh diri melakukan perlawanan sehingga kedua orang langsung dilarikan ke RS Yowari,” jelas dia.

Tower Telkomsel tempat jatuhnya anggota Basarnas Jayapura

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Ahmad menyebut almarhum Tri Sudarno dan pelaku bunuh diri TY langsung dilarikan ke Rumah Sakit Yowari untuk dilakukan penanganan medis, namun anggota Basarnas ini dinyatakan meninggal dunia oleh pihak rumah sakit. Sedangkan, pelaku percobaan bunuh diri masih dalam penanganan medis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya