Polda Metro Jaya Sebut Kondisi Jadetabek Aman Usai Hasil Pilpres 2024 Diumumkan KPU

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi
Sumber :
  • ist

Jakarta -- Polda Metro Jaya mengklaim bahwa sampai Rabu, 20 Maret 2024 tengah malam menjelang Kamis, 21 Maret 2024 dini hari kondisi Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) usai pengumuman hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) aman.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

"Bapak Kapolda Metro Jaya memimpin langsung tadi proses pengamanan penghitungan suara di KPU, kemudian juga seluruh Polres jajaran tetap meningkatkan kegiatan-kegiatan kepolisian untuk pemeliharaan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) ya dari mulai preemtif, edukatif, imbauan, sambang, kemudian preventif, patroli hingga penegakan hukum," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, Kamis, 21 Maret 2024.

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama masyarakat yang telah berkontribusi positif sehingga situasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya bisa aman terkendali. Meski begitu, eks Kapolres Metro Jakarta Selatan ini menegaskan, jajaran Polda Metro Jaya tetap siaga mengamankan seluruh rangkaian Pemilu 2024 sampai rampung walau pada Rabu malam Ibu Kota dan sekitarnya aman.

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Nasional

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Berdasarkan perkembangan, tentunya bapak Kapolda mengingatkan kepada petugas jajaran semuanya tidak underestimate tetap berkomunikasi, bersinergi dengan semua pihak ya, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif ya," ujarnya..

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Sebelumnya diberitakan, pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden atau Pilpres 2024, berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU. 

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

KPU RI telah merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat nasional Rabu, 20 Maret 2024. Suara yang telah direkapitulasi meliputi perolehan di 38 provinsi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, PDI Perjuangan (PDIP) menjadi partai yang paling banyak meraup suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu berhasil meraih 25.387.278 suara.

Suara yang diperoleh PDIP itu paling banyak berasal dari daerah pemilihan (dapil) Bali dengan perolehan 1.290.884 suara.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Partai Golkar dengan perolehan 23.208.654 suara. Dari rekapitulasi, suara terbanyak bersalah dari dapil Sumatera Utara II yakni 707.841.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya