Jokowi Resmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I Senilai Rp275 Miliar

Presiden Joko Widodo resmikan Duplikasi Jembatan Kapuas (DJK) I yang memiliki panjang 430 meter dan lebar 8 meter, di Pontianak, Kalbar, Kamis 21 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Kalimantan BaratBunyi tombol sirine menandai diresmikannya Duplikasi Jembatan Kapuas (DJK) I oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran kementerian Kabinet Indonesia Maju terkait. Ia menerangkan, DJK I memiliki panjang 430 meter dan lebar delapan meter.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Dana yang dikeluarkan sebesar Rp275,5 miliar,” katanya, setelah meresmikan dan menandatangani prasasti pada Kamis, 21 Maret 2024.

Presiden Joko Widodo resmikan Duplikasi Jembatan Kapuas (DJK) I yang memiliki panjang 430 meter dan lebar 8 meter, di Pontianak, Kalbar, Kamis 21 Maret 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Peresmian DJK I bertepatan dengan momen kulminasi, sebuah fenomena matahari berada tepat di titik nol derajat lintang dan bujur, atau yang biasa disebut Khatulistiwa. Jokowi berharap, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Timur ini dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Mudah-mudahan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pontianak,” ucap orang nomor satu di Indonesia ini.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian yang ikut hadir bersama rombongan menuturkan, usai diresmikan, masyarakat sudah dapat melewati DJK I setelah pukul 16.00 WIB hari ini. Pihaknya akan menerbitkan surat edaran tentang jenis kendaraan yang diperbolehkan melewati DJK I.

“Menurut ahli transportasi untuk melewati jembatan ini masih perlu dibatasi, rekayasa lalu lintas juga disampaikan lewat surat edaran itu,” tuturnya.

Kehadiran DJK I ini juga akan berdampak positif bagi perekonomian, bukan hanya untuk Kota Pontianak, tetapi juga daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). 

Ani berharap setelah beroperasinya DJK I ini, kemacetan dapat terurai dan masyarakat Kota Pontianak bisa beraktivitas tanpa gangguan di jalanan. Kemacetan akan terurai, tetapi harus diiringi dengan penataan lalu lintas ke depan agar betul-betul keluar total dari kemacetan.

“Peresmian Duplikasi Jembatan Kapuas I menjadi kado lebaran bagi masyarakat Kota Pontianak. Dan hari ini pukul 16.00 jembatan akan mulai difungsikan untuk dilewati kendaraan,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya