Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Jambi - Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis, 28 Maret 2024, di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi. Pada pertemuan ini, Edi Purwanto memaparkan terkait dengan tugas dan fungsi DPRD sebagai legislatif.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Edi Purwanto memaparkan berbagai produk-produk berupa peraturan daerah yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi selama ini. Adapun pembentukan Perda ini sebagai bagian dari tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Provinsi Jambi.

“Ada tiga fungsi DPRD yaitu sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Kita DPRD Provinsi Jambi ini juga banyak membuat produk-produk perda inisiatif DPRD seperti Perda Pancasila dan wawasan kebangsaan, Disabilitas, dan lain sebagainya," kata Edi

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Edi Purwanto menyampaikan bahwa pembentukan Perda Pancasila dan Wawasan sebagai upaya diinisiasi DPRD karena dapat menjadi jawaban terhadap permasalahan gempuran berbagai Ideologi Transnasional yang ingin menggantikan ideologi Pancasila dan mengancam keutuhan kesatuan bangsa.

“Terkait dengan Perda Disabilitas, disini banyak yang kita atur tentang perlakuan kita terhadap teman-teman disabilitas," tuturnya.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Pelayanan publik harus punya kesepahaman yang sama terkait dengan hak-hak disabilitas, pelayanan yang ramah disabilitas termasuk kesempatan untuk teman-teman disabilitas bekerja.

“Selain itu, juga kita berikan tupoksi anggaran untuk bantuan-bantuan kepada penyandang disabilitas seperti pengadaan kursi roda, pengadaan kaki palsu untuk teman-teman disabilitas yang membutuhkan,”tambahnya.

Pada pembicaraan ini, Suraj Mungara mengapresiasi atas produk-produk Perda yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi, termasuk atas perhatiannya kepada penyandang disabilitas. Sementara itu, di pertemuan ini, Edi Purwanto juga menyampaikan terkait dengan pelaksanaan mandatory spanding di bidang pendidikan yang menjadi amanat dalam undang-undang.

“Lifeskill dari anak-anak ini kita dorong, sehingga mereka tidak hanya memiliki kemampuan teori, tetapi juga ada keahlian. Sehingga Pasca sekolah bisa berkompetisi dengan anak-anak dari tempat lain, karena tantangan saat ini tidak hanya bersaing secara lokal, bahkan sudah internasional," ujarnya.

Disisi lain, mandatory spanding di bidang kesehatan juga menjadi prioritas dalam penganggaran yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Jambi. Perhatian terhadap jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin tidak mampu diberikan jaminan berupa bantuan dimana masyarakat bisa berobat secara gratis.

“Setiap tahun kami anggarkan untuk bantuan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, yang tidak punya biaya untuk berobat kita buat program dan anggaran dimana masyarakat bisa berobat secara gratis,”sebutnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini, Edi Purwanto juga menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki Provinsi Jambi mulai dari Perkebunan, Pertambangan hingga Destinasi Wisata dan terhadap penyampaian-penyampaian yang disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan dianggap melakukan terobosan-terobosan untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Hal lain, Suraj Mungara menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaannya di DPRD Provinsi Jambi," terangnya.

Ia mengapresiasi atas apa yang telah dipaparkan Ketua DPRD Provinsi Jambi, dan banyak terobosan-terobosan yang dilakukan dengan tugas dan fungsi sebagai legislatif. "Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada kami," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya