Polda Metro Tak Terapkan Ganjil Genap di Jakarta Saat Libur Panjang Lebaran

Kendaraan melintasi papan informasi penerapan sistem ganjil genap di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jakarta – Polda Metro Jaya tidak menerapkan sistem ganjil genap di wilayah DKI Jakarta selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. Peniadaan sistem ganjil genap itu dilakukan mulai tanggal 6 sampai 15 April 2024.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Sehubungan dengan adanya Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 H Kebijakan Ganjil Genap ditiadakan mulai tanggal 6-15 April 2024,” bunyi unggahan akun twitter 'X' @TMCPoldaMetro dikutip Sabtu 30  Maret 2024.

Sebagai informasinya bahwa peraturan tersebut diterapkan sesuai dengan Pergub 88 Tahun 2019 Pasal 3 ayat (3), bahwa pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional yang telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres).

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Ilustrasi ganjil genap.

Photo :
  • Antara

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya bakal menerapkan sistem satu arah atau one way di wilayah-wilayah yang rawan macet saat mudik lebaran. Polisi akan memberlakukan kebijakan lalu lintas itu pada 5 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"One way yang rencana akan mulai tanggal 5, pukul 12.00," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat, 29 Maret 2024.

Selain arus mudik, Latif mengatakan, Polda Metro Jaya juga akan menerapkan sistem one way pada arus balik. Ia berharap agar masyarakat memperhatikan betul hal tersebut agar tidak terjebak dalam perjalanan saat kebijakan tersebut diberlakukan. "Kembalinya pun akan ada one way juga untuk arus baliknya. Nanti mulainya tanggal 5 akan saya share lagi ya," kata Latif.

Kendati demikian, Latif belum menjelaskan secara rinci soal wilayah atau jalan tol mana saja yang akan menerapkan kebijakan tersebut selama mudik lebaran Idul Fitri. "Nanti akan saya sosialisasikan lagi untuk diketahui masyarakat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya