Wali Kota Jaya Negara Berikan Program Jaminan Sosial dan Alat Bantu Dengar pada Nelayan Denpasar

Wali Kota Jaya Negara Berikan Program Jaminan Sosial
Sumber :
  • istimewa

VIVA Nasional – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah (IGN) Jaya Negara memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan kepada nelayan di Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu pada Kamis sore (04/04/2024).

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

"Kita tidak mengetahui kapan terjadinya musibah saat melaut, sehingga kami wajib untuk memberikan perlindungan terhadap segala risiko melalui BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang terjadi selama bekerja. Profesi nelayan di Kota Denpasar merupakan bagian dari pelestari budaya, maka perlu mendapatkan proteksi berupa jaminan sosial," tutur IGN Jaya Negara.

Penyerahan bantuan ini merupakan pendekatan akses pelayanan program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dari Pemerintah Kota Denpasar kepada kelompok nelayan Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. 

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

"Adanya perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan memberikan rasa aman bagi nelayan dan keluarga. BPJS bahkan memberikan santunan kematian akibat kecelakan kerja mencapai 42 juta. Lalu melalui BPJS Kesehatan, nelayan dapat memperoleh akses ke layanan kesehatan tanpa harus khawatir tentang biaya yang tinggi," papar Jaya Negara.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Pemerintah Kota Denpasar pun telah melaksanakan program BPJS "Goes to Banjar" yaitu penyuluhan dan edukasi program BPJS dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja.

"Program BPJS dapat memberikan dukungan sosial kepada nelayan dan keluarga mereka. Dengan demikian, program BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi nelayan di Kota Denpasar," ujar Jaya Negara.

Pada kesempatan yang sama Walikota Jaya Negara memberikan 35 alat bantu pendengaran. Program ini merupakan pendekatan terhadap akses pelayanan kesehatan khususnya bagi kelompok nelayan di Kelurahan Serangan.

"Sebelum pertemuan hari ini, tim saya sudah mendapatkan informasi terkait kebutuhan alat bantu dengar bagi kelompok nelayan di Kelurahan Serangan. Oleh karena itu hari ini kami berikan alat untuk dimanfaatkan sebaik baiknya. Alat bantu dengar ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Sosial RI dalam program rehabilitasi sosial," ungkap Jaya Negara. 

Salah satu penerima alat bantu dengar, Nyoman Kongsi menyampaikan, terima kasih kepada Walikota Denpasar yang telah menyerahkan bantuan alat bantu dengar. 

"Kami sangat terbantu dengan alat bantu dengar yang diserahkan kali ini, di samping itu juga Walikota juga memberikan program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan kepada para nelayan," ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Wayan Suadi Putra, Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, Plt. Camat Denpasar Selatan, Ketut Sri Karyawati, Lurah Serangan, Ni Wayan Sukanami, dan seluruh anggota kelompok nelayan Serangan.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Anggota DPRD Kota Denpasar, I Wayan Suadi Putra, Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, Plt. Camat Denpasar Selatan, Ketut Sri Karyawati, dan Lurah Serangan, Ni Wayan Sukanami menyerahkan bantuan 35 alat bantu dengan kepada kelompok nelayan di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kamis (04/04/2024) bertempat di Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu, Kelurahan Serangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya