Dilantik Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Marsekal TNI

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono saat dilantik Presiden
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Tonny Harjono resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jumat, 5 April 2024. Dengan begitu, Tonny pun resmi naik pangkat menjadi Marsekal TNI.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dikatakan, Kenaikan pangkat tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 26 TNI Tahun 2024.

"Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi Marsdya Tonny menjadi Marsekal TNI," demikian isi keputusan presiden yang dibacakan di lokasi pelantikan.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Presiden Jokowi yang berdiri di hadapan Tonny kemudian menghampirinya. Jokowi lalu menyematkan pangkat baru di pundak Tonny.

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono dilantik sebagai KSAU

Photo :
  • Youtube Setpres
Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sebelumnya, prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Sesmilpres membacakan keputusan presiden. 

Sejurus itu, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan KSAU dan diikuti Tonny.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kat Jokowi yang kemudian diikuti Tonny.

Prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. 

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi saksi penandatanganan berita acara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya