H-5 Lebaran 2024, Pemudik Jalan Tol Terpeka Lampung Meningkat 49 Persen

Gerbang Tol Bakauheni Selatan
Sumber :
  • antv/tvone

Lampung Tengah – Memasuki H-5 arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024, ruas jalan tol Terpeka mulai dipadati pengguna jalan dan pengunjung rest area. Volume lalu lintas pada tanggal 03 April sd. 04 April 2024 sebesar 37.643 kendaraan. Terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 49 persen jika dibandingkan kondisi normal.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Taufiq Hidayat, selaku Branch Manager Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (Terpeka) PT Hutama Karya mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas pada arus mudik balik lebaran 2024.

"Kami sudah menyiagakan petugas tambahan untuk layanan transaksi di gerbang exit tol. Kemudian petugas patroli, petugas rest area dan petugas keamanan," kata Taufiq Hidayat pada Sabtu, 6 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Gerbang Tol Bakauheni Selatan

Photo :
  • antv/tvone

Selain itu, lanjut Taufiq, di beberapa gerbang tol yang berpotensi terjadi antrean seperti Gerbang Kayu Agung Utama, Gerbang Kayu Agung dan Gerbang Simpang Pematang, juga sudah ditambahkan alat transaksi portable (mobile reader), kartu e-toll 5000 pcs dan mesin top up saldo etoll.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Diprediksi puncak lonjakan arus mudik terjadi pada hari Sabtu, 6 April 2024 dengan proyeksi sebanyak 27.662 kendaraan yang melintas," ungkap Taufiq.

Pembatasan kendaraan sumbu 3 (tiga) ke atas, kecuali angkutan sembako, BBM, BBG juga sudah diberlakukan sejak hari Jumat, 5 April 2024 hingga hari Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 WIB

Beberapa rest area seperti KM 163A, KM 234A, KM 306B dan KM 215 B juga selalu dipadati pengunjung, terutama pada saat jam menjelang berbuka puasa dan menjelang sahur.

Taufiq mengimbau kepada seluruh pengunjung rest area agar selalu memastikan kendaraan dalam keadaan terkunci dengan baik, tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Selalu memeriksa kendaraan dalam keadaan prima, terutama kondisi ban, rem, lampu belakang dan mesin.

Selain itu, kepada seluruh pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan saldo e-toll cukup agar tidak menyebabkan antrean di gerbang. "Dan patuhi batas kecepatan maksimsl 100 km/jam serta kurangi kecepatan apabila jalan kondisi hujan," tandasnya.

Laporan: Puji

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya