Arus Mudik Lebaran, Penampakan Kemacetan Sebelum Masuk Pelabuhan Merak

Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Banten – Ditengah terik matahari Kota Cilegon, Banten, pemudik terjebak kemacetan belasan kilometer sebelum Pelabuhan Merak pada Sabtu, 6 April 2024. Meski menggunakan mobil dan terdapat pendingin ruangan, mereka telah berjam-jam lamanya merasakan macet dan belum masuk ke Pelabuhan Merak.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kemacetan panjang terjadi hingga kedalam Tol Tangerang-Merak sejak Jumat malam, 5 April 2024 hingga Sabtu siang, 6 April 2024.

Bahkan, ada pemudik yang terjebak berjam-jam lamanya ditengah kemacetan, bahkan belum bisa sampai ke Pelabuhan Merak.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Salah satu pemudik dari Cikarang menuju Bengkulu, Agus mengaku sudah terjebak macet sejak pukul 06.00 WIB.

"Sudah hampir lima jam terjebak macet, dari sebelum Gerbang Tol Cilegon barat mulai macetnya," kata Agus ditemui di Gerbang Tol Merak pada Sabtu, 6 April 2024.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Agus memilih mudik hari ini karena sudah mulai memasuki libur dan cuti Idul Fitri 1445 hijriah. "Emang ini puncaknya, kayanya dua jam lagi belum tentu masuk pelabuhan kalau gini (macet) terus," ujarnya.

Berdasarkan pantauan pada Sabtu pagi, 6 April 2024, sekitar pukul 07.42 wib, kemacetan menyentuh KM92 Tol Tangerang-Merak. Selanjutnya, sekitar pukul 09.10 wib, kemacetan terjadi di dalam tol berada di KM91-400.

Kemudian, pukul 11.25 wib, kemacetan menyentuh di KM90. Selanjutnya sekitar pukul 12.12 wib, kemacetan terjadi hingga di KM94. Terbaru, sekitar pukul 13.00 wib, ekor antrean di dalam Tol Tangerang-Merak, berada di KM95.

Jika ekor kemacetan berada di KM90, maka ada sekitar 8 kilometer kemacetan di dalam Tol Tangerang-Merak. Selanjutnya, jika dihitung jarak antara GT Merak hingga Pelabuhan Merak sekitar 5km. Artinya, terjadi kemacetan hingga 13 kilometer diluar Pelabuhan Merak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya